VISI | Rajab

Silahkan bagikan

Oleh Aep S Abdullah

  • “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadan”.

RAJAB, begitu banyak berkah atau kebaikkan yang Alloh SWT berikan. Sehingga wajar kalau bulan ini menjadi titik pangkal untuk melakukan perubahan-perubahan dalam hidup untuk menjadi lebih baik. Resolusi 2024 yang sudah kita catatkan, semoga bisa kita mulai dari bulan Rajab ini. Bulan ini bisa menjadi bulan taufik yang akan membimbing kita ke kehidupan yang lebih baik.

Rajab, bisa dijadikan bulan yang nikmat untuk selalu dekat dengan Alloh. Dari mulai salat tepat waktu, bangun tidur mengisi dengan salat malam, puasa Rajab, lebih banyak berdzikir dan bersedekah serta amalan-amalan sunah lainnya. Yakin kalau kita senantiasa dekat dengan Alloh, maka Alloh menyurahkan kasih dan sayangNya.

Ada sepasang suami istri yang selalu gagal dalam usaha. Sampai akhirnya mereka tak punya rumah, tak punya kendaraan. Dalam kondisi yang tak berdaya, di awal Rajab mereka akhirnya berpasrah diri kepada Alloh SWT. “Ah, mau jadi babu (pembantu rumah tangga) Alloh saja,” ujar Sang Suami pada istrinya.

Ia akhirnya total mengerjakan pekerjaan “tak bergaji” dan “tak berduit”: Ngurus Mesjid!. Ia mulai fokus menjadikan mesjid ini enak buat para jemaah. Tiap hari ia seperti melihat Alloh sedang mengawasinya. Ia bersemangat membersihkan mesjid, mengisi bak untuk air untuk wudunya agar tidak pernah kurang, mengajar ngaji anak-anak dan remaja, dan mengadakan pengajian rutin.

Dalam tempo yang tidak lama mesjid ini menjadi ramai. Anak-anak yang ngaji banyak, santrinya terus bertambah dari berbagai daerah. Ia juga banyak diundang untuk mengisi pengajian. Ia dan istrinya bisa pergi berhaji.

Baca Juga :  Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Gencarkan Vaksinasi Warga Jambangan

Ke tujuh anaknya bisa mondok di pesantren-pesantren. Diantaranya ada yang di Lirboyo, Jawa Timur, dan di Bustanul Wildan, Cileunyi. Bahkan sekarang ada yang sudah haji juga semuanya sudah daftar haji.

Berkah Rajab juga telah mendorong seorang janda, yang tak punya pekerjaan akhirnya berpasrah diri pada Alloh SWT. “Saya sudah tidak mampu bekerja, sehingga yang bisa saya lakukan hanya ibadah, sabar dan ikhlas pada Alloh. Saya ingat pesan suami, supaya hidupmu tidak susah khatamkan Al Quran minimal 100 kali. Dan, Alhamdulillah bisa. Bahkan sekarang tiap hari menjadi kebutuhan, dan rata-rata seminggu saya khatam 30 juz Al Quran,” ujarnya.

Ibu ini, katanya, merasakan sebuah keanehan karena sekarang banyak orang yang sayang kepadanya. Anak-anaknya dimudahkan dalam pekerjaannya. Ia merasa Alloh sedang menyayanginya, dan ia tidak pernah merasa susah dengan urusan duniawi.

Kecerdasan Spiritual

Orang sering mengabaikan hebatnya Kecerdasan spiritual (SQ) dalam menggapai impian dalam hidup ini. SQ merupakan kemampuan untuk menggunakan nilai-nilai, keyakinan, dan tujuan hidup sebagai sumber motivasi, inspirasi, dan solusi dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang. SQ juga berkaitan dengan kesadaran diri, penghargaan terhadap keberagaman, dan keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, dan orang lain.

SQ dianggap sebagai salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang, baik di bidang akademik, karier, maupun kehidupan pribadi.

Rajab bisa dijadikan awal untuk mengasah SQ. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti:

  • Meningkatkan ibadah secara rutin, untuk meningkatkan koneksi dengan Alloh dan diri sendiri.
  • Merefleksikan diri terhadap makna hidup, impian, dan tujuan, untuk menemukan arah dan motivasi.
  • Mengikuti aktivitas sosial, untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki panggilan batin yang serupa, serta berkontribusi bagi kesejahteraan umat.
  • Menerima dan membuka diri terhadap perubahan dalam hidup, untuk belajar dari setiap kesempatan dan tantangan.
  • Berbudi luhur, rendah hati, dan tidak sombong, untuk menghargai keberagaman dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain.
Baca Juga :  BNPB: Disiplin, Jangan Tanya PPKM Diperpanjang Atau Tidak

Insya Alloh, Rajab 1445 Hijriah ini bisa menjadi bulan taufik dan keberkahan bagi kita semua. Wallahu’alam.***

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pria yang Ancam Menembak Anies Baswedan, Ditangkap Polisi di Jember

Sab Jan 13 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JEMBER -Bareskrim Polri menangkap orang yang diduga menyampaikan pesan bernada ancaman dengan narasi ingin menembak calon Presiden Anies Rasyid Baswedan. Dari informasi yang dihimpun, Polri menangkap seorang pria yang diduga melakukan pengancaman tersebut pada Sabtu, 13 Januari 2024 sekitar pukul 09.30 WIB, di Dusun Kerajan, Desa Ambulu, […]