Wagub Jabar dan Wabup Garut Berbaur Bersama Masyarakat Singajaya Nikmati Pergelaran Wayang Golek

Editor Wakil Bupati Garut dan Wakil Gubernur Jawa Barat menghadiri acara pergelaran wayang golek, di Lapangan Bola Desa Cigintung, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Kamis malam (29/9/2022)./via garutkab.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | GARUT – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan Wakil Gubernur Jawa Barat menghadiri acara pergelaran wayang golek, di Lapangan Bola Desa Cigintung, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Kamis malam (29/9/2022).

Pergelaran menghadirkan dalang H. Dadan Sunandar Sunarya dari Putra Giriharja 3 Bandung.

Wabup Garut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang telah memberikan hiburan kepada masyarakat Garut khususnya di Desa Cigintung, melalui pergelaran wayang golek.

Acara ini untuk pertama kalinya digelar setelah sekian lama tidak dilaksanakan karena adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah hari ini atau malam ini kita bisa mendapatkan hiburan, jeung hiburanana teu kagok deui nya langsung wayang anu dikenal sangat kita cintai tepuk tangan dulu buat provinsi terutama buat Kang Uu,” ucap Wabup.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sangat menyambut baik atas terselenggaranya pergelaran wayang golek ini, apalagi masyarakat Singajaya sangat antusias terhadap hiburan pentas wayang ini, terlihat dari kondisi jalan yang kosong karena warga yang berkumpul di lokasi pergelaran wayang.

“Biasana mah rada heurin kitu ayeuna mah geuningan kosong melompong ternyata ngarumpul di dinya alhamdulillah. Jadi kita akan nonton wayang ya, wayang itu substansi banyak isinya banyak sami hiburan di samping hiburan, seni aya, pendidikanna aya, da dakwahna ge aya biasana,” katanya.

Ia berharap, masyarakat bisa mengambil pelajaran dalam pentas wayang kali ini, terutama dalam hal menumbuhkan perekonomian terlebih saat ini negara sedang memerlukan bantuan untuk kembali normal.

“Kondisi negara memerlukan bantuan kita semua untuk menghidupkan ekonomi, menghidupkan dunia usaha agar ekonomi kita bangkit ya,” ujar Wabup Garut.

Baca Juga :  HIDAYAH: Dari Buku yang Terjatuh, Derbeshyr Jadi Mualaf

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Garut yang telah berkolaborasi dengan Pemprov Jabar menggelar acara hiburan untuk masyarakat di Kecamatan Singajaya.

“Selanjutnya juga mudah-mudahan kegiatan kali ini membawa hikmah dan kebaikan karena tujuan kegiatan hari ini adalah yang pertama kami ingin bersilaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Garut, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat kami ingin bertegur sapa bertatap muka dalam kegiatan hari ini,” katanya.

Wagub Jabar memaparkan, Pemprov Jabar ingin membahagiakan masyarakat melalui pentas wayang kali ini. Senada dengan Wabup Garut, ia menilai wayang ini memiliki makna yang sangat luar biasa karena di samping hiburan dan pengetahuan, wayang juga memiliki nilai dakwah .

“Kemudian juga kegiatan hari ini adalah sebagai tanda bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat melestarikan seni budaya Sunda khususnya wayang. Karena memang wayang golek ini adalah asli produk Jawa Barat yang harus kita lestarikan bukan hanya oleh pemerintah tapi oleh kita semua,” ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada dalang yang memimpin pergelaran wayang golek ini, H. Dadan Sunandar Sunarya yang selalu terus melestarikan budaya kesenian Sunda sehingga sampai saat ini masih digandrungi oleh masyarakat di Provinsi Jawa Barat.

“Kemudian juga saya berharap kegiatan hal yang membawa kebaikan dan membawa kemaslahatan, intinya pemerintah Provinsi Jawa Barat hadir di seluruh masyarakat Jawa Barat termasuk pada hari ini,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar), Andri Kustria Wardana menyampaikan tujuan dari pergelaran wayang golek ini adalah untuk menghibur, melestarikan budaya luhur sebagai media dakwah dan pemersatu seluruh umat pasca pandemi dalam acara “Rempug Warga bareng Wakil Gubernur Jawa Barat”.

Baca Juga :  Kemenkumham Jabar Gelar Apel Bersama dan Lepas Keberangkatan Mudik Para Pegawai

“Pergelaran wayang golek ini diharapkan dapat melestarikan seni budaya di masyarakat khususnya di Garut dan lebih khusus di Desa Cigintung Kecamatan Singajaya sebagai media program Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tandasnya.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ulama Asal Cibarusah Berjuluk 'Mama Cibogo' Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.

Sab Okt 1 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) memulai percepatan pengusulan KH. R. Ma’mun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional. TP2GD melakukan kunjungan kepada keluarga dan ahli waris KH Ma’mun Nawawi di Kompleks Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat, Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah, pada Kamis (29/09/22). Kepala […]