Wagub Uu Serahkan Penghargaan di Forum CSR Jawa Barat

Editor :
Wakil Gubernur Jabar memperhatikan rekaman jejak usai acara./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan penghargaan kepada perusahaan yang turut berkontribusi membangun Jabar melalui Forum CSR Jabar di Gedung Indonesia Menggugat, Kota Bandung, Rabu (30/12/2020).

Dalam Forum CSR Jabar, perusahaan mendapatkan arahan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jabar supaya dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) tepat sasaran dan sejalan dengan pembangunan.

“Kehadiran swasta, termasuk perusahaan-perusahaan, sangat berarti bagi berjalannya roda pemerintahan,” kata Kang Uu melalui laman humas Pemprov Jabar yang dikirim ke laman pribadi, Rabu (30/12/2020) malam.

Pemda Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul menerapkan konsep Pentahelix dengan menggandeng lima unsur, yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media, dalam setiap proses serta kegiatan pembangunan.

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar tidak hanya bergantung pada tiga sumber anggaran yang meliputi APBD kabupaten/kota, APBD provinsi, dan APBN, tetapi juga memanfaatakan lima sumber anggaran lain.

Kelima sumber anggaran tersebut meliputi KPBU (Kerja sama Pemerintah Badan Usaha) atau Public Private Partnership, obligasi daerah, dana perbankan, dana umat, dan CSR.

Guna menjamin transparansi keamanan dan kepercayaan, Pemda Provinsi Jabar membuka layanan CSR melalui website http://csr.jabarprov.go.id.

“Dengan website tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan fitur laporan untuk memudahkan dalam penyaluran CSR,” kata Kang Uu.

Selain itu, perusahaan pun dapat memilih klasifikasi program CSR, seperti pendidikan dan kesehatan. Daftar klasifikasi itu berasal dari usulan perangkat daerah maupun pemerintah kabupaten/kota.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menyebutkan, jumlah mitra di Jabar mencapai 235 perusahaan. Riciannya, sembilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), 49 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan 177 perusahaan swasta.

Baca Juga :  Kabar Duka Datang dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

“Potensi CSR Jabar, terdapat 2.543 perusahaan berbentuk PT yang tersebar di Jawa Barat,” katanya. @bik

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terjadi 6 Kasus Menonjol Selama 2020 di Wilayah Hukum Polresta Tasikmalaya

Kam Des 31 , 2020
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Polresta Tasikmalaya, Polda Jawa Barat, mencatat jumlah kasus tindak pidana selama tahun 2020 terjadi kenaikan selama 12 kasus, dibandingkan dengan tahun 2019, dari 423 kasus, naik menjadi 435 kasus. Hal tersebut dikatakan Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan saat memaparkan hasil kinerjanya untuk pencapaian akhir tahun 2020 di […]