Wakapolres Kota Banjar Ingatkan Sekolah Jangan Rugikan Siswa dengan Pungli

Waka Polres Kota Banjar, Kompol Drs. Ade Najmulloh./visi.news/agus berrie
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Waka Polres Kota Banjar, Kompol Drs. Ade Najmulloh mengingatkan seluruh sekolah yang ada di Kota Banjar, baik SD, SMP, maupun SMA untuk tidak melakukan hal yang bisa merugikan siswa atau orang tua murid.

Ade mencontohkan, kejadian oknum kepsek dan bendahara di salah satu sekolah yang ada di Kota Banjar, Jawa Barat, telah terjadi pungli. Hingga harus dijemput paksa oleh Unit Penindakan Saber Pungli Polres Kota Banjar, padaJumat (12/6) lalu.

“Peristiwa itu telah mencoreng dunia pendidikan apa pun alasannya,” kata Ade kepada wartawan di Mapolres Banjar, Minggu (14/6).

Ade menjelaskan hal itu terkait peristiwa tangkap tangan oknum kepsek dan bendahara yang melakukan kegiatan pungli di sekolahnya.

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap kedua oknum di lingkungan pendidikan tersebut, terang Ade, ternyata sangat bertentangan dengan Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang keuangan yang tidak diperbolehkan dikelola oleh pihak sekolah.

Di saat musim pandemi Covid-19 ini, kata Ade, sangat disayangkan terjadi pungli di lingkungan sekolah.

“Di mana mestinya pihak sekolah harus memberikan bantuan pada siswa siswinya agar beban mereka terasa ringan, ” jelasnya.

Lebih jauh, Ade mengatakan, Komite Sekolah boleh mengusulkan atau melakukan penggalangan dana dengan mengacu pada aturan yang berlaku.

“Mari kita berpikir secara komprehensif dan integratif tentang filosofisnya. Bahwa sekolah adalah lembaga yang diatur oleh undang-undang,” tandasnya.

Dijelaskan, sekolah itu adalah lembaga yang dibiayai oleh pemerintah. Terutama program wajib belajar yaitu tingkat SD dan SMP.

“Ini artinya pemerintah bertanggung-jawab penuh atas pembiayaan operasional sekolah,” tandasnya.

Sementara orang tua murid, tambahnya, tidak memikirkan beban saat menyekolahkan anaknya.

“Itu artinya gratis tak ada pungutan apa pun. Sementara mereka, siswa siswa tetap berkonsentrasi di sekolahnya untuk mendapatkan ilmu,” tandasnya.@abr

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jabal Kanil, Jejak Penyebaran Islam di Tanah Jawa Sebelum Era Sunan

Ming Jun 14 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Kompleks Jabal Kanil di Tawangmangu merupakan salah satu objek yang direkomendasikan sebagai salah satu cagar budaya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jabal Kanil menjadi saksi jejak penyebaran Islam sebelum era sunan di Tanah Jawa. Berikut ini kisah di balik Jabal Kanil Karangnayar yang menjadi bukti penyebaran ajaran […]