Wakil Ketua Komisi X Nilai Belajar Jarak Jauh Belum Efektip

Editor :
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi./visi.news/dpr.go.id

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menyatakan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring) masih belum efektif. PJJ sebagai metode di masa darurat tentu mengandung ketidakefektifan. Untuk itu fungsi daring harus diperkuat.

“Apakah pendidikan daring efektif atau tidak, jawabannya harus jujur, memang tidak efektif. Karena ketika melakukan sesuatu yang sifatnya darurat tentu ada ketidakefektifan,” ujar Dede dalam rilisnya kepada Parlementaria, Selasa (27/10/2020).

Penguatan sistem daring harus diperkuat di masa pandemi ini. Salah satunya dengan penguatan sinyal untuk beberapa daerah dan wilayah. Dukungan pulsa dan kuota juga jadi keniscayaan untuk diberikan.

Selain itu, kata politisi Partai Demokrat ini, pembelajaran melalui media televisi dan radio juga sudah saatnya dibangun, di samping membuat aplikasi-aplikasi yang mudah untuk dikerjasamakan dengan murid-murid. “Yang berikutnya adalah bagaimana pembelajaran tidak terlalu membebani. Banyak masukan bahwa ada murid yang stres karena pembelajaran daring,” ungkap mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini.

Yang terakhir, lanjut Dede, tentu saja memberikan dukungan handphone. “Ya, memberikan dawai atau handphone atau tablet kepada murid-murid terutama yang tidak memiliki gawai. Semua tentu memerlukan proses dan akan kita kawal terus,” ucap Dede. Dalam kurun satu tahun ini begitu banyak gagasan dan ide yang ingin disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun terhalang oleh pandemi.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Punggawa Timnas U-19 Resmi Tanda Tangan Kontrak dengan Persib Bandung, Robert Mengaku Lega

Kam Okt 29 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Persib Bandung akhirnya mengumumkan siapa sosok punggawa timnas U-19 yang direkrut. Bayu Mohamad Fiqri diresmikan menjadi amunisi anyar Maung Bandung sepulangnya dia dari pemusatan latihan di Kroasia. Robert Rene Alberts lantas mengaku lega karena akhirnya sang pemain tiba dan teken kontrak. Melansir simamaung.com, sebelumnya dia sangat menutup […]