Waktu Keberangkatan Jemaah Haji dari Mina Ditetapkan pada Hari Jumat dan Sabtu

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MINA — Wakil Menteri Haji dan Umrah Dr Abdelfattah Mashat mengatakan bahwa pihak berwenang telah memutuskan untuk melakukan pengelompokan jemaah haji untuk keberangkatan mereka dari Mina ke Masjidil Haram di Makkah pada Jumat dan Sabtu (12 dan 13 Dhulhijah).

Jamaah akan dibagi secara proporsional untuk menghindari kemacetan di Jembatan Jamarat di Mina serta untuk memastikan kelancaran pergerakan mereka ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Al-Wida (perpisahan keliling), katanya sambil mencatat bahwa rencana ini telah telah disetujui dan berhasil diterapkan selama musim haji dengan kapasitas penuh sebelum pecahnya pandemi virus corona.

“Rencana ini memberikan dampak yang besar dan hasil yang positif dengan mengklasifikasikan kelompok jamaah berdasarkan slot waktu yang berbeda. Rencana pengelompokan ini akan memberikan kontribusi untuk memberikan tingkat keselamatan dan keamanan tertinggi bagi para jamaah, dan menghindari kepadatan yang berlebihan saat melakukan ritual lempar jumrah di Jembatan Jamrat,” katanya.

Terkait mekanisme lempar jumrah, Wamenkeu mengatakan, mekanisme tersebut bergantung pada penjadwalan jumrah di Jamarat yang dimulai sejak Rabu dini hari, Dzulhijah 10.

Merujuk pada pengaturan kelancaran pelaksanaan jumrah, Mashat mengatakan bahwa jalur telah ditentukan untuk jamaah yang datang melalui Kereta Mashaer ke stasiun Mina dekat Jembatan Jamarat, dan setibanya mereka mulai melakukan ritual dan kemudian langsung pindah ke kamp mereka atau pergi ke Masjidil Haram di Makkah untuk melakukan Tawaf Al-Ifadah.

Dia mengatakan, jemaah yang menggunakan kereta api itu sebagian besar adalah jemaah domestik dan sebagian jemaah dari negara-negara Asia Selatan.

Wakil menteri mengatakan bahwa semua fase pergerakan dan naiknya peziarah di tempat-tempat suci berhasil. “Fase pendakian pada hari Tarwiyah dari Makkah ke Mina, dan pendakian berikutnya di Bukit Arafah, yang selesai pada jam 10 pagi pada Hari Arafah, sedangkan pergerakan dari Arafah ke Muzdalifah dimulai setelah sholat Maghrib, dan ini berlanjut. sampai jam 1:00 pagi. Semua jemaah berangkat ke Muzdalifah dengan mudah dan sesuai dengan rencana waktu dan program yang telah ditentukan,” katanya sambil mencatat bahwa jadwal pengelompokan jemaah akan berlanjut sepanjang hari Tashreeq dari Kamis hingga Sabtu (11-13 Dhulhijjah).

Baca Juga :  AFPI: Jangan Salah Kaprah, Pinjaman Online Harus Tetap Dibayar

Mengenai kepatuhan perusahaan dalam penyediaan layanan bagi jemaah haji, Mashat mengatakan tingkat kepatuhannya tinggi. “Ada beberapa perusahaan yang gagal memenuhi jadwal yang ditetapkan untuk mereka, dan kasus mereka akan ditindaklanjuti setelah musim haji. Laporan akan disiapkan sehubungan dengan kegagalan mereka dalam memberikan layanan yang dibutuhkan, ” katanya.

Mashat mengatakan, pergerakan jemaah haji ke Jamarat dan pelaksanaan jumroh pada hari pertama Idul Adha berjalan lancar dan tertib. Tidak ada laporan kepadatan atau penyerbuan yang dilaporkan selama jam puncak rajam dari pukul 08.00 hingga 10.00 pada hari Rabu.

Setelah menyelesaikan ritual rajam pada hari itu, mereka melakukan tiga ritual utama lainnya hari itu – pengorbanan hewan dan kinerja Tawaf Al-Ifadah dan Sai antara Safa dan Marwa, katanya mencatat bahwa para peziarah akan menghabiskan dua atau tiga hari pertama. hari Tasrek di kota tenda Mina dan melakukan ritual rajam sebelum meninggalkan Mina pada hari Jumat atau Sabtu.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menodai Alquran sebagai Kejahatan di Rusia, Kata Putin saat Berkunjung ke Dagestan

Jum Jun 30 , 2023
Silahkan bagikan Kitab suci ‘sakral bagi umat Islam dan harus suci bagi orang lain,’ kata pemimpin Rusia setelah bertemu dengan perwakilan republik mayoritas Muslim.  Komentar datang ketika seorang pria merobek dan membakar Alquran di luar masjid pusat Stockholm.  VISI.NEWS | LONDON – Penodaan Al-Qur’an adalah kejahatan dan akan dihukum di […]