Wali Kota Apresiasi Buruh dan Pengusaha Kota Bandung Soal UMK

Editor Wali Kota Bandung, Oded M. Danial./via humasbandung.go.id/ist. 
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, sangat mengapresiasi para buruh dan pengusaha di Kota Bandung yang telah menyepakati besaran Upah Minimum Kota (UMK) 2021.

Lewat musyawarah di Dewan Pengupahan, buruh dan pengusaha bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bisa memutuskan dengan musyawarah mufakat.

“Kenaikannya rasional. Alhamdulillah saya mengapresiasi kepada buruh yang menyampaikan aspirasinya tidak anarkis dan sangat komunikatif,” kata wali kota di Pendopo Kota Bandung, Jumat (26 November 2021), melansir laman humasbandung.go.id.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mengeluarkan surat No. 561/Kep.774-Yanbangsos/2020 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

UMK Kota Bandungtahun 2022 sebesar Rp 3.742.276,48. Jumlah tersebut naik Rp 118.498,48 dari UMK 2021 sebesar Rp 3.623.778.

Wali kota mengungkapkan, para buruh memang sangat berharap ada kenaikan UMK secara proporsional. Namun di sisi pengusaha, juga berharap kenaikannya tidak terlalu besar.

Hingga akhirnya diputuskan di Dewan Pengupahan yang terdiri dari buruh, pengusaha, dan Pemkot Bandung.

“Di Bandung semua diselesaikan dengan musyawarah dan tidak pernah ada deadlock. Mang Oded hanya menandatangani. Namun dalam putusan tersebut disertakan beberapa aspirasi buruh,” jelas Mang Oded, panggilan akrab Oded M. Danial.

Wali kota mengungkapkan, jauh sebelum penetapan UMK 2022, ia telah beberapa kali bertemu dengan perwakilan para buruh. Dalam sejumlah kesempatan tersebut, para buruh sering menyampaikan aspirasinya.

“Buruh sering curhat ke Mang Oded. Ini sepertinya perlu dicontoh juga oleh buruh-buruh di daerah lain,” katanya. @fen

Baca Juga :  Dua Petani di Kadipaten Tasikmalaya Tewas Diserang Lebah

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MAUNG BANDUNG: Robert Berharap Produktivitas Gol Wander Luiz dan Castillion Terus Meningkat

Jum Nov 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pelatih Persib, Robert Alberts berharap, produkstivitas gol Wander Luiz dan Geoffrey Castillion terus meningkat. Robert menilai kedunaya sudah cukup menjanjikan dalam membuka ruang hingga saat penyelesaian akhir. Terakhir, keduanya mencetak gol ke gawang Persiraja Bandaaceh untuk mengantarkan Persib meraih kemenangan 4-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman, […]