Warga Kangean Antusias Ikut Pelayanan Hukum dan HAM Bergerak

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JEMBER – Pelayanan hukum dan HAM bergerak yang diinisiasi Kanwil Kemenkumham Jatim mendapatkan respon positif dari masyarakat Kepulauan Kangean. Puluhan warga memadati pendopo Kecamatan Arjasa untuk memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh instansi yang dipimpin Imam Jauhari itu pada Sabtu (10/6/2023).

“Memang ini adalah momen bersejarah, setelah sekian lama, rasanya baru kali ini kami turun langsung ke daerah terluar Jatim untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kadiv Yankumham Subianta Mandala yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari.

Potensi SDM dan SDA Pulau Kangean perlu ditangani secara spesifik agar memiliki nilai tambah. Karena berkaca dari negara-negara maju kini sudah tidak bergantung pada sumber daya alamnya.

“Melainkan mulai menggunakan Kekayaan Intelektual sebagai sumber peningkatan perekonomian. Sektor usaha masyarakat juga perlu diperhatikan legalitasnya,” tegas Subianta.

Dengan legalitas yang kuat maka warga Kepulauan Kangean semakin mampu berkompetisi secara mandiri. Seiring dengan kemandiriannya itu mereka juga mampu melakukan perjalanan antar negara dengan menggunakan dokumen perjalanan yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu warga yang memanfaatkan layanan keimigrasian adalah Nuati. Warga Desa Paseraman, Arjasa itu memanfaatkan layanan perekaman data untuk penerbitan paspor yang diberikan Kanim Pamekasan.

“Alhamdulillah kami sangat terbantu karena kami membutuhkan paspor untuk Umrah,” ujar Perempuan 54 tahun itu.

Warga yang lain adalah Muhammad Sufyan. Zelain mengurus paspor, dia juga memanfaatkan layanan konsultasi kekayaan intelektual.

“Sebagai guru, kami membutuhkan layanan untuk mendaftarkan karya-karya murid kami, pelayanan ini sangat membantu,” ujar guru di MTs Al Hidayah itu.

Sementara itu, Camat Arjasa Husairi Husein menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kegiatan yang telah digelar Kanwil Kemenkumham Jatim. Menurutnya, sosialisasi ini sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kangean.

Baca Juga :  Ade Ruminah Perkenalkan Diri Melalui Senam dan Jalan Sehat Menjelang Pilkada 2024 di Pangandaran

“Terima kasih atas perhatian yang diberikan, apalagi kami sangat perlu sekali pelayanan terkait keimigrasian dan pewarganegaraan,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, pihak Kanwil Kemenkumham Jatim juga memberikan surat pencatatan hak cipta musik kepada Husairi. Yaitu atas musik yang diciptakannya dan dipersembahkan untuk Kakanwil Kemenkumham Jatim. Dengan judul Nambei Kerrong yang artinya “Yang Dinanti-nanti”.@redho

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kang DS Resmikan Pabrik Kopi hingga Bagi-Bagi Ribuan Paket Sembako di Pangalengan

Ming Jun 11 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | PANGALENGAN – Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna meresmikan pabrik kopi CV. Ko’ma Agro Djaya Abadi sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Sri-Anna, dan membagikan 1.300 paket sembako di Kampung Mulyana RW 06 Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Sabtu (10/6/2023). Dalam sambutannya, selain berharap agar […]