20 Calon Penumpang Pesawat Kedapatan Pakai Surat Swab Test PCR Palsu

Editor Ilustrasi./net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Selama dua hari berturut-turut, Kamis-Jumat, 20 calon penumpang pesawat di bandara internasional Sultan Hasanuddin, Makasar diamankan dan kini diproses di Polsek Bandara. Mereka kedapatan menggunakan dokumen swab test PCR dan surat keterangan (suket) rapid antigen palsu.

Kapolsek Bandara, Iptu Asep Widianto yang dikonfirmasi, Jumat, (29/1/2021) menjelaskan, awalnya pada hari Kamis, (28/1/2021), ada 18 calon penumpang dari pesawat berbeda tujuan Denpasar, Bali ditemukan menggunakan suket rapid antigen palsu. Dijelaskan, suket rapid antigen dari 18 calon penumpang ini diterbitkan oleh salah satu rumah sakit swasta di Makassar. Diketahui suketnya palsu karena tidak sesuai dengan nama penggunanya.

Lalu yang hari ini, lanjutnya, 2 calon penumpang pesawat Citylink tujuan Jakarta berinisial R dan AM, pukul 09.45 wita, ditemukan menggunakan dokumen swab test PCR palsu diterbitkan Dinas Kesehatan Makassar dan mereka tidak pernah jalani pemeriksaan swab.

Ketahuan palsu karena di form-nya, nomor surat tidak sesuai format dari Dinas Kesehatan. Demikian juga dengan alamat kantor yang tidak sesuai dan penanggung jawab yang bertandatangan bukan pejabat yang seharusnya.

Kata Asep, 18 calon penumpang di kasus kemarin telah diamankan 1 x 24 jam untuk diambil keterangannya. Hari ini dilepaskan dengan status wajib lapor.

“Selanjutnya pengejaran ke pelaku utama, penyedia jasa suket rapid antigen palsu itu. Alamatnya berhasil diketahui karena dia memanfaatkan kurir dan kurir ini cukup kooperatif berikan keterangan. Rumahnya didatangi tadi pagi tapi yang bersangkutan sudah melarikan diri. Tapi kini pengejaran tetap dilakukan,” terangnya.

Sementara, dua calon penumpang berinisial R dan AM yang diamankan pagi tadi, ungkap Asep, masih diperiksa intensif di Mapolsek. Tetapi penyidik sedikit kesulitan karena antara keduanya dengan penyedia dokumen swab test PCR itu lakukan transaksi terputus.

Baca Juga :  Terkait Penemuan Tanaman Ganja Warga Asing, 4 Orang Digiring ke Mapolres Ciamis

“Calon penumpang R dan AM didatangi oleh pelaku utama saat di bandara dan menawarkan dokumen palsu itu. Masing-masing membayar Rp500 ribu dan pelaku utama itu pergi. Tidak pernah ada komunikasi lewat telepon misalnya sehingga tidak bisa ditracking. Meski demikian, penyelidikan tetap lanjut. Saat ini kita sementara periksa CCTV dari bandara,” pungkas Iptu Asep Widianto.@mpa/mdk

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

TAFAKUR: Surat Al-Hajj dan Ayat Lalat yang Menantang Kaum Pagan

Jum Jan 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Lalat, yang keberadaannya sering kali diabaikan manusia, disebutkan di dalam Alquran. Allah SWT menyinggung binatang kecil tersebut dalam surat Al-Hajj ayat 73. Allah SWT berfirman: يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ ۚ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ ۖ وَإِنْ […]