800 Petugas KPPS di Jateng Positif Covid-19, Paling Banyak Wonosobo

Editor :
Ilustrasi Covid-19 Jateng./visi.news/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS — Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Jawa Tengah mencatat sebanyak 800 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) positif Covid-19 usai menjalani tes swab.

Dari jumlah tersebut, petugas KPPS yang positif Covid-19 paling banyak ada di daerah Wonosobo sebanyak 297 orang.

“Data per 1 Desember ada 800 an itu positif tersebar di 44.077 TPS (21 Kabupaten/Kota). Paling banyak Wonosobo 297 orang. Data tersebut hasil pemeriksaan dari 7 November sampai akhir November,” kata Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Litbang KPU Jateng M Taufik dalam keterangan pers. Sabtu (5/11/2020).

Sebelumnya, petugas KPPS yang positif Covid-19 tersebut menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.

Kemudian mereka menjalani tes swab dengan hasil positif sehingga diwajibkan menjalani isolasi hingga sembuh.

“Sebagian besar (KPPS) sudah melewati masa isolasi di daerahnya masing-masing. Mereka tidak akan digantikan kecuali mengundurkan diri. Kalau sudah isolasi artinya sudah bisa bertugas,” ucapnya.

Sedangkan apabila ada petugas KPPS yang mengundurkan diri karena alasan lain akan digantikan oleh petugas KPPS untuk memenuhi kebutuhan jumlah di setiap TPS.

“Kalau yang mengundurkan diri alasannya macam-macam ada yang tidak mau di-rapid (test), tidak mau swab bila reaktif, halangan lain ada yang pindah dan keterima pekerjaan lain,” katanya.

Calon pengganti petugas KPPS yang mengundurkan diri tersebut, juga wajib mengikuti tes rapid terlebih dahulu.

Karena saat hari pencoblosan Pilkada 9 Desember mendatang di setiap TPS yang tersebar di 21 Kabupaten/Kota di Jateng harus memenuhi tujuh KPPS dan dua petugas ketertiban TPS.

“Jumlah KPPS ada tujuh untuk setiap TPS dan petugas ketertiban TPS ada 2 setiap TPS semua petugas harus di-rapid dulu,” ungkapnya. @Hzul

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Cilacap Positif Covid-19, Sempat Rapat dengan Kepala BNPB Doni Monardo

Sab Des 12 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Bupati Cilacap, Jawa Tengah, Tatto Suwarto Pamuji dinyatakan terinfeksi virus corona (Covid-19). Kabar tersebut disampaikan sendiri oleh Tatto melalui keterangan resmi yang diterima para insan Pers Minggu (6/12/2020) pekan lalu. “Pada hari Sabtu (5/12/2020) pukul 16.00 WIB, saya mendapat informasi bahwa hasil pemeriksaan laboratorium PCR atas nama […]