Absen Bangun Studio Virtual “8K Ultra HD” yang Terbesar di Asia

Editor :
Ilustrasi. /visi.news/absen.com

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Studio virtual LED menjadi teknologi baru yang telah menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam bidang produksi video (video shooting) profesional di Tiongkok dan pasar internasional. Berkat teknologi layar LED modern yang terintegrasi dengan sistem kamera virtual dan real-time rendering, studio virtual LED menghadirkan efek sinematografi yang luar biasa. Dengan keunggulan inovasinya, Absen baru saja membangun dan meresmikan studio virtual terbesar di Asia dengan indoor panoramic LED stereoscopic. Fasilitas tersebut segera beroperasi.

Studio virtual LED stereoskopis ini setinggi 6 meter dan berdiameter 24 meter sehingga luas totalnya mencapai lebih dari 700 meter persegi. Studio virtual ini juga terdiri atas sebuah layar plafon (ceiling screen) dan sebuah layar melengkung (curved screen).

Studio virtual tersebut menjadi proyek pertama yang dibangun di industri film dan televisi Tiongkok, terutama dengan struktur demikian. Berkat inovasi berkelanjutan dan upaya untuk mencoba hal-hal baru, tim Absen sukses mengatasi beberapa kendala teknis dengan pengelasan baja, load-bearing, perbaikan langit-langit, serta menghubungkan langit-langit dan layar melengkung sebagai latar belakang studio virtual.

Layar LED Absen memanfaatkan driver LED jenis PWM dengan arus konstan. Hal ini sangat meningkatkan mutu tayangan dan derajat keabuan (grayscale). Hasilnya, tekstur tergelap pada gambar pun dapat terlihat. Berkat efek gambar yang dinamis dan sangat cerah, segala sesuatu yang terdapat pada gambar tampil dengan jernih. Lebih lagi, layar LED Absen memiliki tingkat refresh yang tinggi sehingga cepat merespons gambar dinamis, dan tersinkronisasi dengan kamera berkecepatan tinggi tanpa meninggalkan jejak pemindaian apa pun. Teknologi ini telah “mengatasi banyak tantangan dalam teknik pan-focusing dan menjadi alternatif untuk pengambilan tayangan video di lokasi.”

Baca Juga :  Polisi Sebut Bahar Smith Coba Ulur Waktu Saat Ditangkap Lagi, Pengacara, "Tidak Usah Lebay Aparat!"

Dilengkapi 270 layar LED panoramic buatan Absen yang berukuran raksasa, sepenuhnya beroperasi secara real-time, konsep “what you see is what you get” dalam produksi film dan televisi kini menjadi kenyataan.

Para kreator bisa secara langsung melihat kondisi pengambilan gambar, dan memodifikasi efek adegan secara seketika. Dengan demikian, kreator lebih bebas mewujudkan ide-ide artistiknya. Kini, fotografi epik yang berskala sangat luas dapat berlangsung bahkan di ruang yang terbatas guna menghemat waktu, energi, dan pengubahan latar pengambilan gambar secara aktual tak perlu lagi dilakukan. Studio virtual LED menghasilkan sumber pencahayaan dan pantulan cahaya yang akurat. Lebih lagi, efek pembiasan pada reflektor hampir tidak bisa dibedakan dari kenyataannya, dan, hasilnya, mutu video menjadi sangat realistis.

Studio virtual LED telah berperan besar dalam produksi film dan televisi, serta segera menjadi tren utama di industri fotografi dalam waktu dekat.

Solusi-solusi LED Absen untuk studio virtual memiliki sederet keunggulan yang istimewa:

  • Input 10/12 bit dan output 16 bit dengan dukungan HDR;
  • Panel LED Absen bisa berfungsi dengan tingkat frame yang lebih tinggi, dan dapat mencapai hingga 144 frame per detik. Dengan demikian, kita bisa mengambil efek visual slow-motion dengan kamera over-cranked yang berhadapan dengan layar LED, sekaligus menjaga sinkronisasi ideal antara layar dan kamera;
  • Latensi rendah dengan jeda frame hingga 1 frame;
  • Genlock dapat mengunci prosesor pada shutter kamera demi mewujudkan sinkronisasi yang lancar antara adegan virtual dan gerakan karakter.

Saat ini, studio virtual LED Absen telah digunakan oleh TransQuebec.inc. XR Studio di Kanada, Channel 5 di Rusia, Catalyst Connect di Inggris, Show Imaging Studio di Amerika Serikat, serta di banyak fasilitas produksi film dan televisi lainnya. Aplikasi produk ini di industri telah membuktikan keunggulannya. Absen juga terus mengembangkan berbagai teknologi dan produk baru, dan ingin menghadirkan berbagai solusi yang lebih praktis di pasar.@mp alam

Baca Juga :  Investigasi Dugaan Kebocoran Data, BRI Life Jamin Keamanan Polis Nasabah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Batik dan Telur Asin Desa Kalitengah Cirebon Segera Mendunia

Kam Apr 8 , 2021
Silahkan bagikan Dukungan CBN dan FiberStar untuk program pengembangan pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. VISI.NEWS – PT Cyberindo Aditama (CBN) bersama dengan PT Mega Akses Persada (FiberStar) diberikan kepercayaan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) sebagai penyedia layanan akses Internet broadband kepada UMKM di Kalitengah, Kabupaten Cirebon, […]