Bersatu Membangun Pujasera Untuk Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

Editor Anggota DPRD Kabupaten Bandung, yakni Yayat Sudayat,Fraksi Demokrat. Maulana Pahmi,Fraksi PKS.Lutfi Hapiyan,Fraksi PDIP. Camat Rancaekek Baban Banjar, Lurah Rancaekek Kencana Irwansyah, Tokoh Muda sekaligus Pengusaha Muda Rancaekek Kencana Lucky Richard Chasmaran.turut hadir dalam membahas pengembangan ekonomi kerakyatan.Minggu (29/2/2021)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sejumlah pihak dari berbagai unsur hadir dalam upaya mewujudkan satu tujuan dan misi visi yang sama membantu masyarakat dalam pengembangan ekonomi atau UMKM di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (28/2/2021).

Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Bandung, yakni Yayat Sudayat, Fraksi Demokrat. Maulana Pahmi, Fraksi PKS. Lutfi Hapiyan, Fraksi PDIP. turut hadir dalam membahas pengembangan ekonomi tersebut. Camat Rancaekek Baban Banjar, Lurah Rancaekek Kencana Irwansyah, Tokoh Muda sekaligus Pengusaha Muda Rancaekek Kencana Lucky Richard Chasmaran, perwakilan pemerintahan desa se-Kecamatan Rancaekek juga turut hadir.

Mereka mengadakan pertemuan di sebuah tempat di Kelurahan Rancaekek Kencana itu, untuk membahas rencana pembangunan pujasera di kawasan Bangunan Serba Guna Komplek Perumahan Rancaekek Kencana Kelurahan Rancaekek Kencana Kecamatan Rancaekek.

Lucky Richard Chasmaran mengatakan, dirinya sangat mendukung penuh pengembangan ekonomi kerakyatan, yaitu mulai upaya pembangunan pujasera yang nantinya menjadi sentra usaha kuliner maupun ekonomi kreatif yang dihasilkan para pelaku UMKM di Kecamatan Rancaekek.

“Ekonomi kerakyatan harus kembali hidup. Saya harapkan, disaat pandemi Covid-19 ini ekonomi masyarakat harus tetap berjalan,” ujarnya.

Lucky pun mengungkapkan, pada masa pandemi Covid-19 ini, hanya para pelaku usaha menengah ke atas yang bisa bertahan, sementara para pelaku usaha di bawah banyak yang terkendala.

“Kami menilai dengan adanya rencana pembangunan pujasera ini sangat bagus karena dapat menghidupkan para pelaku usaha kecil yang ada di kawasan Rancaekek,” katanya.

Sama halnya yang dikatakan Yayat Sudayat, Anggota DPRD Kabupaten Bandung.
“Pembangunan pujasera itu rencananya dilokasi lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan. Sebelum dibangun, lebih baik digunakan untuk pembangunan pujasera dan nantinya bisa digunakan untuk pengembangan ekonomi masyarakat atau UMKM,” ujar Yayat Sudayat kepada wartawan VISI.NEWS di Perumahan Rancaekek Kencana.

Baca Juga :  Secara Resmi akan Diluncurkan 15 April 2021, Tahap Praregistrasi "Kingdom Heroes M" Diikuti Lebih Dari 500.000 Orang

Menurut Yayat Sudayat, pembangunan pujasera itu untuk menampung berbagai hasil kuliner atau kerajinan UMKM yang dihasilkan oleh para pengrajin di semua desa se-Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

“Untuk membantu ekonomi masyarakat itu, tidak lagi berbicara partai, suku, ras, agama dan semua bersatu dalam upaya membangun ekonomi kreatif di Kecamatan Rancaekek. Mengingat disaat pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat tetap harus berlangsung,” katanya.

Sementara itu, Camat Rancaekek Baban Banjar mengatakan, untuk menanggulangi keterpurukan ekonomi masyarakat akibat pandemi corona perlu adanya upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui jalur UMKM.

“Caranya, yaitu dengan membentuk kelompok UMKM yang punya potensi dalam pemberdayaan ekonomi dengan pemanfaatan lahan yang strategis di samping dome tempat kegiatan masyarakat yang selama ini kurang terurus karena kendala anggaran pemeliharaan yang belum diserahkan pada pemerintahan setempat,” kata Baban Banjar.

Menurutnya, dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat itu melalui kerjasama antara legislatif yang berwenang dan sesuai dengan kewenangannya, Yayat Sudayat Fraksi Demokrat dari Komisi B DPRD Kabupaten dengan pemerintah Kecamatan Rancaekek. @bud

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Kemendagri Akan Tunjuk PLH Bupati Bandung

Ming Feb 28 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera menunjuk Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, seiring habisnya masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj) Kabupaten Bandung Tisna Umaran pada 27 Februari. Tisna Umaran yang sekaligus sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bandung itu diyakini bakal menduduki posisi PLH Bupati hingga keputusan Mahkamah […]