BKKBN Minta Warga Tunda Kehamilan Selama Pandemi Corona

Ilustrasi kehamilan./pixabay/ggomang.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menghimbau masyarakat tidak hamil dulu selama wabah Covid-19 atau virus corona.

“Kalau bisa ketika masih masa kritis (hamil) ditunda dulu. Nanti mudah-mudahan dalam tiga bulan sudah mereda baru,” ujarnya, Rabu (20/5), seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Ia menyatakan sosialisasi dari imbauan tersebut dilakukan selama kebijakan menetap di rumah dilakukan di berbagai daerah.

Langkah ini didorong karena BKKBN mencatat setidaknya 10 persen pasangan usia produktif tak lagi memakai kontrasepsi pada periode Maret hingga April 2020. Ini ditemukan pada tujuh jenis alat dan obat Keluarga Berencana (KB), yakni alat kontrasepsi dalam rahim, suntik, pil, kondom, susuk, tubektomi dan vasektomi.

“Sementara ini yang putus (kontrasepsi) selama dua bulan ini sekitar 2,5 juta sampai dengan 3 juta akseptor,” ungkapnya.

Hasto pun memprediksi peningkatan angka kehamilan jika pasangan produktif putus memakai kontrasepsi sebesar 15 persen.

Artinya, tiap 100 pasangan putus kontrasepsi, sebanyak 15 pasangan akan hamil dengan hitungan hubungan seks 2 sampai 3 kali seminggu.

Sebelumnya, Hasto menyatakan angka pemakaian alat kontrasepsi menurun selama pandemi Corona. Ia menaksir hal ini karena banyak akseptor KB yang khawatir terpapar ketika mengakses layanan kontrasepsi.

Ia menjelaskan kenaikan angka kehamilan di tengah pandemi dikhawatirkan bisa meningkatkan beban ekonomi negara maupun individu, peningkatan angka stunting atau kekerdilan, angka kematian ibu dan janin. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Asuransi Adira Raih Penghargaan Indonesia Public Relation Award

Rab Mei 20 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk kembali menorehkan catatan kinerja positif dalam menciptakan citra perusahaan yang semakin baik. Citra positif perusahaan di mata masyarakat tidak terlepas dari fungsi Public Relation yang menjadi ujung tombak bagi perusahaan dalam membangun persepsi masyarakat. Saat ini, kata Direktur Adira Insurance, Donni Gandamana dalam rilis yang diterima VISI.NEWS, […]