BMKG Prediksi Musim Kemarau di Jawa Barat Mulai April

Editor :
Ilustrasi/via tempo.co/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Koordinator Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Bogor Hadi Saputra mengatakan awal musim kemarau di Jawa Barat tahun ini dimulai pada April di daerah pantai utara atau pantura.

“Untuk musim kemarau 2021 ini akan dimulai bulan April terutama pantura ada sekitar 19 persen (wilayah),” kata Hadi dalam konferensi pers, Jumat (9/4/2021) seperti dilansir Tempo.co.

Hadi mengatakan, musim kemarau di Jawa Barat umumnya dimulai dari kawasan pantura dan terakhir di bagian selatan. Wilayah Jawa Barat yang akan memasuki musim kemarau di bulan April di antaranya Bekasi bagian tengah dan utara, Karawang bagian tengah dan utara, Subang bagian utara, sebagian besar Indramayu, dan Cirebon bagian utara.

Adapun wilayah Bogor utara bagian timur, Purwakarta bagian utara, Karawang atau Bekasi bagian selatan, Cirebon bagian tengah, dan Kuningan bagian utara akan memulai musim kemarau pada Mei.

Pada Juni, musim kemarau baru datang di Bogor bagian utara dan timur laut, Depok, Sukabumi bagian utara, Sukabumi selatan bagian timur, Cianjur bagian utara dan selatan, sebagian besar Bandung, sebagian besar Purwakarta.

Lalu sebagian kecil Karawang selatan, Subang bagian selatan, sebagian Indramayu bagian selatan, sebagian besar Sumedang, sebagian besar Majalengka.

Kemudian Cirebon bagian utara, sebagian besar Kuningan, sebagian besar Garut, Tasikmalaya bagian barat dan utara, sebagian besar Ciamis, Banjar, dan sebagian Pangandaran bagian timur.

Wilayah terakhir di Jawa Barat yang memulai musim kemarau pada Juli adalah Sukabumi bagian barat dan selatan, Garut Selatan bagian timur, sebagian besar Tasikmalaya, sebagian Ciamis bagian barat dan selatan, dan sebagian besar Pangandaran.

“Jadi musim kemarau di Jabar dimulai dari utara terakhir selatan. Kalau musim hujan kebalikannya, mulai dari selatan dan paling akhir utara mulainya,” ujar Hadi soal prediksi BMKG tentang musim kemarau. @fen

Baca Juga :  Hari ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Sebagai Kapolri

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dimulai Malam ini, Duel Para Jagoan Perempat Final Piala Menpora

Jum Apr 9 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Piala Menpora 2021 telah memasuki fase perempat final. Duel para jagoan bakal tersaji mulai 9 April hingga 12 April mendatang, serta disiarkan secara langsung dan eksklusif di Indosiar serta Vidio.com. Melansir Bola.com, pertandingan PSIS Semarang versus PSM Makassar akan menjadi partai pembuka perempat final Piala Menpora 2021. […]