BPBD Fokus di Wilayah Timur Termasuk Tegalluar Bojongsoang

Editor :
Banjir di Tegalluar Bojongsoang tahun 2020 kemarin, yang dijadikan Prioritas BPBD./visi.news/ki agus.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS — Melalui kajian penanggulangan masalah banjir dan brncana di Kabupaten Bandung, saat ini kegiatan diprioritaskan di wilayah timur mencakup daerah Tegalluar Bojongsoang. Dengan penganalisaan yang signifikan diharapkan masalah tersebut bisa segera ada solusinya.

Kasie Logistik Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ka. Bandung, Asep Mahmud, penganalisaan tersebut diimplementasikan melalui penyesesuaian beragam kajian-kajian yang dilakukan tim.

Seperti melakukan pengerukan sedimentasi sepanjang badan kiri sungai Cikeruh, juga penguatan dan peninggian tanggul sungai. Pemasangan pintu air di 3 (tiga) titik saluran drainase sebagai bentuk pencegahan terjadi luapan air ke rumah penduduk. Selanjutnya pemasangan pompa air sebagai langkah antipasi terjadinya insentitas air yang berdampak merugikan bagi masyarakat.

“Kita sekarang masih melakukan peninjauan berkala di wilayah timur berkaitan dengan beberapa kejadian yang berimbas kepada masyarakat, berupa limpahan air dari wilayah luar Kabupaten Bandung,” katanya di kantor, Rabu (27/1/2021).

Selain melakukan pengerukan sedimen sungai juga pengangkatan sampah di atas air sungai yang disebutkan dia, bisa menjadi penyebab terhalangnya aliran air sungai. Sehingga mengakibatkan air meluap dan menggenangi rumah penduduk.

Asep tak memungkiri kalau kegiatan yang dilakukan itu kadang tak terbatas waktu. Dia harus siap sedia dengan meningkatkan kewaspadaan tinggi dalam menghadapi cuaca ekstrem sekarang ini. Demikian juga dengan curah hujan yang saat ini sulit diprediksi.

Dia meminta kepada masyarakat terutama yang tinggal di kawasan rawan bencana untuk selalu melakukan koordinasi bila menemukan gejala-gejala bencana yang bisa saja terjadi. Dengan demikian dia bisa melakukan penganalisaan wilayah juga melakukan penjagaan.

“Kita bekerja untuk melayani masyarakat, kita berbuat agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman. Karena pelayanan prima¬† bagian dari kinerja kita,” ujar dia. @qia.

Baca Juga :  Weekend, Pengunjung Mal Masih Sepi

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

City ke Puncak, Guardiola Pilih Fokus Laga Selanjutnya

Rab Jan 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pelatih Manchester City Pep Guardiola menegaskan enggan terlampau senang dengan kemenangan besar timnya pada laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris. City berpesta gol dengan menaklukkan West Bromwich Albion 5-0 di The Hawthorns, Rabu (27/1/2021) dini hari WIB.¬† The Citizens menang lewat dua gol dari Ilkay Guendogan. Kemudian […]