Bupati, “Aplikasikan Nilai Juang ’45 Dalam Kehidupan Sehari-hari”

Editor Bupati Dadang Naser pada acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Juang Kecamatan Baleendah, Senin (10/8/2020)./visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengajak generasi muda di Kabupaten Bandung, untuk dapat mengambil hikmah dari perjuangan para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Kemerdekaan tidak didapatkan dengan gratis, para pendahulu kita telah berkorban tanpa pamrih, kerja keras, kerja cerdas mengusir penjajah. Saya mengajak anak-anak muda, mari kita sama-sama mengambil hikmah, aplikasikan nilai-nilai juang ’45 dalam perilaku hidup kita sehari-hari, dan dalam konteks mengisi kemerdekaan,” ujar Bupati Dadang Naser di sela-sela acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Juang, Kecamatan Baleendah, Senin (10/8/2020).

Bupati Dadang Naser pada acara Peringatan Hari Veteran Nasional Tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Juang Kecamatan Baleendah, Senin (10/8/2020)./visi.news/ist

Lembaga Veteran RI (LVRI), yang turut melahirkan bangsa ini, ia harapkan mampu terus mewariskan nilai-nilai semangat juang ‘45, sebagai kekuatan energi sosial. “Inilah yang patut kita renungkan bersama. Banyak anak muda kita yang belum paham bagaimana nilai-nilai juang 45 yang terhimpun dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Hari veteran, dimaknai bupati sebagai momentum untuk menyadari betapa besarnya peran veteran, dalam perjalanan sejarah bangsa. “Kita melihat bagaimana para veteran menyumbangkan tenaganya secara aktif, atas dasar sukarela, bersama rakyat berjuang merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan,” urai Bupati.

Saat ini, urai Dadang Naser, bangsa Indonesia dihadapkan dengan perang ideologi dan budaya. Pengaruh asing begitu gencarnya masuk, terutama di kalangan anak-anak muda sebagai generasi penerus.

“Kita harus terus mengingatkan kepada generasi penerus, bagaimana Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi karakter bangsa. Bukan sekedar berbeda tapi satu, namun bagaimana kekuatan sosial yang berbeda-beda ini, mampu membangkitkan Indonesia menjadi negara maju. Bersatu dalam perbedaan, berbeda dalam persatuan untuk kemajuan Indonesia,” kata Dadang Naser.

Baca Juga :  Jumpa PSM Makassar, Persib Bandung Kembali Bermain Imbang

Bhinneka Tunggal Ika, kata Kang DN panggilan akrabnya, juga terkandung dalam nilai-nilai Sabilulungan sebagai motto pembangunan yang diemban selama masa kepemimpinannya. “Saya kira jiwa Sabilulungan itu yang mesti diterapkan oleh warga Kabupaten Bandung, untuk menjadikan wilayah kita lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkas Kang DN.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Doni Monardo: Tingkat Kepatuhan pada Protokol Covid-19 Kurang dari 50%

Sen Agu 10 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pemerintah pusat meminta seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, untuk terus mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kepada masyarakat. Hal itu merujuk pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Kepala […]