Bupati Bandung Wacanakan Bupati Cup Seluruh Cabor

Editor Bupati Bandung HM Dadang Supriatna didampingi Wakil Ketua DPRD Yayat Hidayat dan Sekda Cakra Amiyana. /visi.news/humas
Silahkan bagikan
  • Kang DS, “Gali potensi atlet lokal, sekaligus tumbuhkan ekonomi kreatif”

VISI.NEWS – Bupati Bandung Dadang Supriatna rencananya akan menggelar piala bergilir Bupati Cup, untuk seluruh cabang olahraga (cabor) yang ada. Dari sekitar 50 cabor yang ada, ungkap bupati, artinya akan diagendakan 4 hingga 5 kejuaraan setiap bulannya.

“Saya optimis, ke depan kita ada beberapa event kejuaraan. Dan kejuaraannya ini berjenjang mulai tingkat RT hingga Kabupaten, memperebutkan Bupati Cup,” ungkap Bupati Dadang Supriatna di sela acara Launching Aplikasi Sistem Informasi Data Keolahragaan (Sidora) BEDAS di Gedung VVIP Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Rabu (29/9/2021).

Adanya kejuaraan-kejuaraan itu, menurut bupati, akan dapat menjaring atlet-atlet berbakat dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Bandung. Bahkan, sebutnya, dari cabor yang sama sekali tidak diperhitungkan sebelumnya. Tidak hanya itu, gelaran event olahraga, akan menimbulkan efek berganda (multiplier effect).

“Jadi jangan berpikir sisi olahraganya saja, tetapi dampak yang ditimbulkan dari sebuah event, salah satunya kegiatan ekonomi. Tentu para pemuda ini harus membantu mendorong, bagaimana kegiatan ini bisa terlaksana. Yang pada akhirnya akan terjadi multiplier efek secara ekonomi. Saya yakin ekonomi kreatif kita akan berkembang,” imbuh bupati.

Pria yang akrab disapa Kang DS itu mengatakan, dirinya akan menyempatkan diri mengunjungi atlet asal Kabupaten Bandung, yang tengah berjuang membawa nama Jawa Barat di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Sekitar 98 atlet kebanggaan Kabupaten Bandung berlaga di ajang PON Papua. Atlet kita cukup banyak yang punya potensi, yang bisa membawa harum nama daerah. Tidak hanya nasional, kemarin di ajang Olimpiade pun atlet kita tidak kalah unggul,” seru Kang DS dengan bangga.

Baca Juga :  Doa dan Air Mata Sang Ibu Iringi Perjuangan Windy Cantika

Dengan diluncurkannya Aplikasi Sidora BEDAS, tutur Kang DS, potensi atlet lokal yang ada di seluruh desa akan tergali. Dan mereka merupakan tanggungjawab pemerintah daerah melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung, untuk mendapatkan pembinaan.

“Aplikasi Sidora BEDAS ini hadir, agar kita bisa mengetahui lebih awal potensi atlet kita, melalui informasi dan pendataan digital. Jadi ke depan, kita bisa segera mensinergikan dengan program-program pembinaan atlet yang sudah ada,” tutur Kang DS.

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu mejelaskan, Sidora BEDAS dibuat dalam rangka membangun akses pelayanan publik secara digital di bidang olahraga. Selain itu, aplikasi tersebut dalam rangka mendukung terwujudnya smart city di Kabupaten Bandung.

“Selama ini memang database kita lama. Dengan Sidora ini, kita bisa memetakan data atlet secara up to date. Selanjutnya data pelatih, juga infrastuktur olahraga. Bukan hanya infrastruktur milik pemerintah, tapi juga milik swasta,” terang Kepala Dispora.

Data yang ditampilkan aplikasi tersebut, lanjut Marlan, hingga ke titik dan foto infrastruktur olahraga di desa. Jika ada desa yang mengajukan proposal untuk perbaikan, pihaknya sudah punya datanya.

“Gambarannya seperti apa, berapa luasnya, kewenangannya dimana. Jadi per data nya itu banyak sekali yang bisa kita jadikan acuan. Itu yang akan kita lakukan,” beber Marlan Nirsyamsu.

Pihaknya sudah melakukan uji coba di 5 kecamatan. Jika biasanya pengambilan keputusan dari suatu proposal memerlukan waktu hingga 3 bulan, dengan bantuan Sidora hal itu bisa dilakukan lebih cepat.

“Dalam pembuatan aplikasi ini, kita bekerjasama dengan anak-anak muda Telkom yang punya potensi. Biasanya untuk mengeksekusi sebuah proposal, kita menunggu survey lapangan, mengambil data kemudian mengolahnya. Dengan Sidora, sekarang respon kita bisa lebih cepat,” pungkas Marlan.@alfa

Baca Juga :  Ekspatriat yang Bekerja di Bidang Haji dan Umroh di Arab Saudi Dapat Kebebasan Biaya

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Luncurkan Sekolah Mengaji, Pemkab Bandung Diapresiasi Menteri Desa dan PDTT

Kam Sep 30 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, mengapresiasi program Sekolah Mengaji yang digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di Sutan Raja Hotel, Soreang, Kamis (30/9/2021). Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan, pendidikan keagamaan melalui program sekolah mengaji merupakan upaya pemerintah daerah dalam membentuk insan qurani […]