Bupati dan Wabup Garut Jalani Test Swab

Bupati Garut, Rudy Gunawan menjalani test swab yang dilaksanakan di lapangan Setda Garut, Senin (10/8)./visi.news/zaahwan aries
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Dalam beberapa hari terakhir, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali meningkat. Jumlah warga yang terkonfirmasi positif pun terus bertambah dan kini sudah mencapai angka 51.

Berbagai upaya pun terus dilakukan Pemkab Garut guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, termasuk di kalangan dinas/intansi. Salah satunya dengan menggelar test swab massal bagi para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut di lapangan Setda Garut, Senin (10/8).

Dalam kegiatan tersebut, pemeriksaan tidak hanya dijalani oleh para staf, tetapi juga para pejabat mulai kasi, kabid, hingga kepala dinas. Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Garut pun tak ketinggalan ikut menjalani test swab.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan kegiatan test swab di lingkungan Pemkab Garut ini dilakukan guna mengetahui penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan ASN. Hal ini menyusul terus bertambahnya jumlah kasus warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Garut dalam beberapa hari terakhir.

“Ya, hari ini kita lakukan test swab massal bagi para ASN muai staf hingga para pejabat. Saya dan Pak Wakil pun sama, ikut menjalani test swab,” ujar Rudy di lapangan Setda Garut di Jalan Pembangungan, Tarogongkidul, Senin (10/8).

Dikatakannya, selain untuk memastikan tingkat penyebaran Covid-19 dan sebagai upaya pencegahan, tes swab massal tersebut juga sebagai tindak lanjut dari perintah Mendagri.

Pelaksanaan test swab massal akan dilakukan secara masif bukan hanya di lingkungan birokrasi, tetapi juga di institusi lainnya seperti TNI, Polri, pondok pesantren, serta tempat-tempat keramaian seperti pasar tradisional.

Rudy menerangkan, test swab massal akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan, dimulai hari ini di lingkungan Pemkab Garut. Sesuai perintah Mendagri, paling tidak test swab dilakukan terhadap satu persen dari jumlah penduduk.

“Pemkab Garut saat ini telah menyediakan 10 ribu alat swab. Bahkan jika perlu, jumlahnya akan kita tambah sesuai perintah Mendagri yaitu satu persen dari total jumlah penduduk,” katanya.

Menurut Rudy, idealnya Kabupaten Garut memerlukan 27 ribu alat swab dari total jumlah penduduk yang mencapai 2,7 juta jiwa. Namun saat ini baru dilakukan test swab terhadap sebanyak dua ribu penduduk.

Sementara jumlah alat test swab yang sudah tersedia baru 10 ribu.@zhr

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mayoritas Penumpang Elf Tertidur saat Kecelakaan Tol Cipali

Sen Agu 10 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Eddy Djunaedi menuturkan, pihaknya menurunkan tenaga ahli ke lokasi kecelakaan maut yang menewaskan delapan orang di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk mengungkap penyebabnya. Saat kejadian diduga mayoritas penumpang dalam keadaan terlelap. “Masih dalam tahap penyelidikan. Selain itu, kita juga menurunkan tenaga […]