Dampak Gempa Blitar Timbulkan Kerusakan di Beberapa Daerah

Editor :
Ilustrasi./afp/romeo gacas/via cnn indonesia/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 di tenggara Kabupaten Blitar mengakibatkan dampak kerusakan di sejumlah daerah lain di Jawa Timur.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan gempa yang terjadi pada Jumat (21/5) pukul 19.09 WIB ini termasuk gempa yang bersifat merusak.

Data sementara yang dihimpun lembaganya mencatat kerusakan ringan terjadi pada banyak bangunan rumah warga dan fasilitas umum.

“Di berbagai daerah di Jawa Timur seperti Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Lumajang, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, serta wilayah lain yang belum terlaporkan,” rinci Daryono melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/5/2021), seperti dilansir CNNIndonesia.com

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mendata ada belasan bangunan yang terdiri atas rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan akibat gempa.

“Kerusakannya ada yang jenis bangunan rumah, puskesmas, sekolah, musala hingga kantor,” terang Achmad Cholik dikutip dari Antara, Jumat (21/5) malam.

BPBD Kabupaten Blitar mendata terdapat sekitar 17 bangunan yang rusak yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Blitar.

Bagian yang rusak pun beragam seperti dinding ambrol, genteng rontok, dinding retak, teras roboh hingga plafon rontok. Untuk fasilitas umum terdapat Puskesmas Wates yang mengalami kerusakan serta polsek.

“Untuk tingkat kerusakan masuk ringan. Namun, ada yang berat milik Pak Jazuli, di Desa Jabung, Talun, rumahnya roboh,” kata dia.

Hingga kini, pendataan terus dilakukan. BPBD Kabupaten Blitar belum mendapatkan laporan apakah ada korban luka atau tidak dalam kejadian tersebut.

Terkait bencana ini, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono memastikan bertolok pada hasil pemodelan BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Ia menjelaskan hiposentrum gempa cukup dalam dan kekuatan magnitudonya pun relatif kecil untuk dapat mengganggu kolom air laut.

Baca Juga :  Nia-Usman Dapat Wejangan Gubernur Jabar

BMKG semula menyatakan gempa yang berpusat di laut sekitar 57 kilometer arah tenggara Kabupaten Blitar pada kedalaman 110 kilometer itu, berkekuatan magnitudo 6,2 akan tetapi kemudian data ini dimutakhirkan menjadi 5,9. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dandim 0736/Batang Berikan Bantuan bagi Korban Kebakaran

Sab Mei 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kodim 0736/Batang bersama Koramil 09/Blado, berikan bantuan sosial (bansos) kepada Sarwadi (50) korban kebakaran, warga Dusun Wonolobo, Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Musibah kebakaran yang menghanguskan rumah Sarwadi itu terjadi pada hari Sabtu 15 Mei 2021. Sebagai bentuk kepedulian Kodim 0736/Batang terhadap warganya, Kodim […]