Desa Cibiruwetan kejar Prestasi Nasional di Lomba Desa Pangan Aman

Editor Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna saat menghadiri kegiatan verifikasi lomba desa pangan aman nasional tahun 2020 di GOR Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin, (31/5 2021). /visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS –  Peran masyarakat dalam keamanan pangan sangat diharapkan pemerintah. Sejauh ini pemerintah melalui BPOM juga menggelar lomba “Desa Aman Pangan” untuk ketahanan pangan agar tetap aman. Hal tersebut disampaikan oleh pihak BPOM-RI yang diwakili oleh Ir.Rusyiana M.Sc. di sela-sela Pembukaan Verifikasi Lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional di Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (31/5/2021).

“Lomba Desa Aman Pangan ini merupakan apresiasi dari program pemberdayaan masyarakat melalui BPOM, turut serta dalam ketahanan pangan agar tetap aman. Keamanan pangan tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah atau pun pemerintah pusat, hal ini juga merupakan tanggung jawab dari masyarakat, di mana masyarakat yang berperan penting untuk mengonsumsi pangan tersebut dan memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi.

Rusyiana saat itu juga mengatakan kalau lomba yang dimulai dari tahun 2020 itu, diikuti oleh 29 desa dari 29 provinsi seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Provinsi jawa barat, Desa Cibiruwetan dipilih menjadi perwakilan desa yang ikut serta dalam lomba Desa Aman Pangan tersebut.
“Alhamdulillah Desa Cibiruwetan masuk nominasi 7 besar. Kelak, kita akan melakukan pengecekan pada praktik Pangan Rumah Tangga dan juga praktik pangan UKM di daerah Desa Cibiruwetan ini nantinya. Semoga hasilnya kelak sesuai harapan dan bisa berjalan dengan lancar. Program semoga berkelanjutan untuk berkelanjutan dan bisa mendorong pendapatan ekonomi di Kabupaten Bandung ini, ”kata Rusyiana.

Rusyiana dalam kesempatan juga mengatakan kalau pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkab bandung atas terselenggaranya acara tersebut.
“Berbicara tentang pangan, tentunya tidak terlepas dari tiga aspek penting, yaitu aspek kesehatan, ketahan pangan, dan daya saing yang tinggi. Pagi ini merupakan bentuk komitmen kita bersama bagaimana program ini bisa membuahkan hasil dan untuk saat ini Desa Cibiruwetan masuk nominasi tingkat nasional. Semoga Desa Cibiruwetan bisa masuk juara tingkat nasional, juga mampu berkomitmen membangun dan meningkatkan daya saing daerah-daerah lainnya. Harapan saya, hal ini dapat diikuti oleh desa-desa lainnya yang ada di Provinsi jabar dan di Kabupaten bandung ini, khususnya, ”kata Rusyiana.

Baca Juga :  Bisa Diakses Publik secara Gratis, Pangu-Weather Mampu Prediksi Cuaca dalam Hitungan Detik

Senada dengan Rusyiana, Bupati Bandung, HM.Dadang Supriatna , juga berharap Desa Cibiruwetan bisa tembus juara nantinya.

“Saya Bupati Bandung terima kasih terima kasih kepada BPOM yang telah memberikan kesempatan kepada desa kami untuk mengikuti lomba Desa Aman Pangan tingkat nasional.semoga hasilnya nanti sesuai harapan, menjadi juara tingkat nasional, ”kata Dadang Supriatna.

Bupati bandung juga menambahkan kalau pihaknya meminta tim Verifikasi yang ada untuk tidak salah sasaran dalam melihat objek yang akan berakhir.
“Desa Cibiruwetan ini masuk sebagai desa untuk verifikasi tingkat nasional dan akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bandung. Semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini dan semoga kita bisa menang di tingkat nasional. Kepada desa-desa yang lain, semoga dapat mengikuti atas capaian Desa Cibiruwetan ini, sehingga keamanan pangan ini dapat diterapkan di desa-desa yang lain, ”pungkasnya. @bud

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Untuk Buktikan yang Terbaik, Atlet Porda Kab Bandung Terus Digenjot

Rab Jun 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Atlet Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) Kabupaten Bandung terus berlatih agar dapat membuktikannya yang terbaik. Hal itu dilakukan agar dalam babak kualifikasi (BK) Pekan Olah Raga (Porda) dapat meraih tiket lolos Porda. Saat ini para atlet pun digenjot Ketua PBFI Kab bandung H Berry dan sentuhàn […]