Di Hari Pahlawan Pemkot Solo Gelar “Apel Armada Pahlawan Kebersihan Kota”

Armada kebersihan Kota Solo berderet di pelataran parkir Stadion Manahan dalam "Apel Armada Pahlawan Kebersihan Kota" di Hari Pahlawan./visi.news/tok suwarto.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Pemkot Solo mengadakan peringatan Hari Pahlawan 2020 secara khusus dengan menggelar “Apel Bersama Armada Kebersihan Kota” di pelataran parkir Stadion Manahan, Solo, Selasa (10/11/2020.

Puluhan armada angkutan sampah yang biasanya beroperasi di perkampungan, berderet rapi di pelataran depan Stadion Manahan yang akan digunakan sebagai salah satu venue Piala Dunia Sepakbola U-20.

Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Satpol PP, para Camat dan Lurah se-Kota Solo, hadir dalam apel yang baru pertama kali digelar dan sebagai ungkapan terima kasih kepada para pahlawan kebersihan.

Apel armada dan petugas kebersihan kota semacam itu, rencananya akan digelar setiap tahun bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy, di depan para peserta apel menyatakan, dalam apel kebersihan seperti itu akan bisa dilihat apakah selama setahun kondisi kendaraan operasional kebersihan tetap terpelihara baik. Melalui apel akan ditetapkan armada terbersih dan terawat dari kelurahan mana saja agar bisa menjadi motivasi bagi kelurahan-kelurahan lainnya dalam merawat armada pengangkut sampah di daerah masing-masing.

“Saya berharap, musibah kecelakaan armada sampah di TPA Putri Cempo tidak terulang lagi. Di masa mendatang, mungkin 10 tahun lagi TPA Putri Cempo sudah tidak seperti kondisi sekarang karena sampahnya akan diolah menjadi pembangkit listrik tenaga sampah atau PLTSa. Sehingga, hamparan sampah itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lainnya” ujar Rudy.

Dalam apel tersebut, wali kota Solo secara khusus menyerahkan sertifikat penghargaan & hadiah bagi kelompok yang berhasil melaksanakan “Program Kampung Iklim dan Pengelola Kendaraan Terawat dan Terbersih”.

Penghargaan berupa sertifikat bagi pelaksana “Program Kampung Iklim” dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diberikan kepada “Kampung Iklim Kitiran” RW 8 Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, kepada “Joho Kampung Hepi” di RW 10, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, dan kepada “Kampung Iklim Kembangku” di RW 29 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres.

Sedangkan pengelola kendaraan operasional kebersihan yang dinilai terawat dan terbersih, adalah di Kelurahan Joyosuran 1 dan di Kelurahan Serengan. Menurut Rudy, mulai Januari 2021 selama sebulan juga akan digelar lomba kebersihan dan perawatan kendaraan operasional di setiap kecamatan.

Lomba tersebut bertujuan agar kebiasaan merawat dan membersihkan kendaraan operasional menjadi kebiasaan yang baik. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prof Jimly: Fenomena HRS Langka, Masalahnya Berlarut karena Perlakuan Kekuasaan Salah

Sel Nov 10 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Prof Jimly Asshiddiqie, menilai perlakuan pemerintah kepada Habib Rizieq RShihab (HRS) keliru. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut penguasa selalu menghadapi Habib Rizieq dengan permusuhan dan kebencian. “Fenomena HRS ini langka. Masalahnya berlarut karena perlakuan kekuasaan yang salah, […]