Digelar Hari Ini, Sidang Gugatan PHP Pilkada Kab. Bandung Bisa Jadi Yurisprudensi

Editor :
KPU Kab. Bandung melakukan rapat koordinasi untuk persiapan sidang lanjutan PHP Pilkada Kab. Bandung yang akan berlangsung, Rabu (24/2/2021). /visi.news/kpu.go.id

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sidang gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Kabupaten Bandung bisa menjadi yurisprudensi untuk perkara-perkara Pilkada ke depan. Karena, apa yang digugat oleh Paslon No. 1 Nia-Usman terhadap Paslon No. 3 Dadang-Syahrul, belum ada aturan hukumnya.

“Terlepas dari kalah atau menang gugatan yang dilayangkan Paslon No. 1, tapi perkara ini menurut para ahli hukum tata negara bisa dijadikan yurisprudensi bagi perkara-perkara yang sama ke depannya,” ujar Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar Jawa Barat Asep Suparman kepada VISI.NEWS, Rabu (24/2/2021).

Sidang lanjutan PHP Pilkada Kab. Bandung rencananya digelar hari ini, 24 Pebruari 2021, secara daring oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Materi yang akan disidangkan mendengarkan pendapat para ahli hukum tata negara dan pemeriksaan kelengkapan alat bukti.

Menurut Asep, dalam perspektif hukum tata negara kenapa gugatan Pilkada Kab. Bandung tidak dimasukan ke dalam yang 170 gugatan PHP Pilkada, tapi ke dalam 32 gugatan yang dilanjutkan sidangnya. “Hal ini karena, ada kajian baru hukum karena janji-janji php (pemberi harapan palsu) yang secara kuantitatif tertera, mencantumkan janji dengan angka, karena visi misi itu harus linier dengan RPJPMD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Daerah) yang sudah dituangkan dalam perda,” ujarnya.

Kata Asep lebih lanjut, RPJMD itu harus jadi acuan visi dan misi calon kepala daerah, apalagi ini termasuk dalam dokumen visi misi yang masuk ke ranah kerja bupati ke depan. “Karena kalau begini, mau janji satu RW satu miliar juga tidak jadi pelanggaran, janjikeun we sa-RW samiliar, perkara dilaksanakan atau tidaknya sih itu nanti urusan lain,” ungkap Asep.

Sementara pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung sudah mengadakan rapat koordinasi persiapan sidang lanjutan PHP pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020 di MK. Rapat koordinasi dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Februari 2021 di Aula Bale Pinter Pemilu KPU Kabupaten Bandung bersama dengan Tim Hukum yang disupervisi oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Reza Alwan Sovnidar.

Rapat koordinasi dilakukan untuk menyusun bahan-bahan yang akan dijadikan sebagai materi dalam persidangan. Sebelumnya, KPU Kabupaten Bandung telah menerima surat dari MK Nomor: 1375.46/PAN.MK/PS/02/2021 tanggal 17 Februari 2021 perihal Pemberitahuan Sidang. Berdasarkan surat tersebut, jadwal sidang lanjutan PHP Kabupaten Bandung Tahun 2020 dengan Nomor Registrasi: 46/PHP.BUP-XIX/2021 akan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Februari 2021 pukul 08:00 WIB.

Sidang PHP pada tanggal 24 Februari 2021 dijadwalkan meliputi pemeriksaan persidangan lanjutan dengan agenda pembuktian, pemeriksaan saksi, pemeriksaan saksi ahli, dan penyerahan alat bukti tambahan. Sebagaimana mekanisme persidangan sebelumnya, sidang kali ini juga dilakukan melalui 2 (dua) metode, yakni secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Reza menyampaikan bahwa sebagai lembaga yang taat dan patuh kepada peraturan perundang-undangan, KPU wajib mengikuti seluruh proses ini semaksimal mungkin sebagai bagian dari tahapan penyelenggaraan Pemilihan. Persiapkan seluruh dokumen-dokumen dengan lebih lengkap dan detail, ujarnya. Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, mengatakan bahwa setelah rapat koordinasi ini, pihaknya akan mengumpulkan semua jajarannya untuk mempersiapkan dan menindaklanjuti hasil pertemuan ini.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Selain di Samoja, Sore Kemarin si "Jago Merah" Lalap Rumah Permanen di Antapani

Rab Feb 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PB) Kota Bandung, Selasa (23/2/2021) kemarin, harus bertugas ekstrakeras menyusul kejadian kebakaran di “Kota Kembang”. Melansir CBN.com, berdasarkan informasi dari Diskar PB Kota Bandung, setelah berhasil menangani kebakaran 7 rumah warga di kawasan padat penduduk di Kelurahan Samoja, petugas harus berjibaku […]