Direktur Eksekutif Walhi Jabar: Banjir dan Longsor akibat Dampak Pembangunan Bandung Utara

Editor Direktur Eksekutif Walhi Jabar, Meiki saat ditemui, Sabtu (6/11/2021). /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bencana banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah wilayah Kota dan Kabupaten Bandung atau Bandung Raya akhir – akhir ini, diduga merupakan dampak dari pembangunan Kawasan Bandung Utara.

Direktur Eksekutif Walhi Jabar Meiki mengatakan, dampak dari pembagunan Bandung Utara tersebut, terjadi nyata pada perubahan iklim sehingga cuaca ekstream terjadi.

“Harus sudah menyadari ini bukti nyata dari perubahan iklim yang akhirnya berdampak pada cuaca ekstream dan terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan lama,” katanya.

Kepada VISI.NEWS Sabtu (6/11/21), ia mengungkapkan, pembangunan di Kawasan Bandung Utara, juga berdampak pada Cekungan Bandung, dan di Kawasan Bandung Utara itu sendiri, akhir-akhir ini juga kerap terjadi banjir.

“Di Cekungan Bandung terdampak skala mikro, bencana banjir, sudah banyak kawasan terbangun di sana, juga secara infrastruktur drainase juga buruk,” ungkap Meiki.

Ia menjelaskan, disaat hujan deras,air akan mencari tempat yang rendah atau cari jalannya sendiri, namun disaat mencari tempat yang rendah, akan ada banyak hambatan karena banyak bangunan di kawasan tersebut, sehingga tidak menyerap tanah dan terjadi genangan air.

“Logikanya kan seperti itu, jadi intinya adalah air belum sempat menyerap ke tanah dan tidak tertampung saluran sungai maka terjadilah genangan,” jelasnya.

Terakhir, Walhi Jabar mendorong Pemprov Jabar untuk tegas dalam menegakan aturan pembangunan di kawasan Bandung Utara, serta diminta untuk segera membenahi infrastruktur, seperti menambah ruang terbuka hijau hingga kolam retensi.

“Kami mendesak agar ada moraturium izin pembangunan di kawasan Bandung Utara, harus ada solusi yang mengarah keberkelanjutan, salah satunya memperbanyak kawasan RTH, dan zona lindung itu sendiri,” pungkasnya.@eko

Baca Juga :  Konflik Rusia vs Ukraina, FIFA dan UEFA Menangguhkan Tim Rusia dari Kompetisi Internasional

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Ciamis Keluarkan SE Kesiapsiagaan Antisipasi Wabah DBD dan Chikungunya

Sab Nov 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIAMIS – Memasuki musim pancaroba yang merupakan potensi meningkatnya perkembangbiakan nyamuk, kasus DBD di wilayah Kabupaten Ciamis meningkat. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes), hingga 1 November 2021 terdapat 203 kasus atau penderita dan 1 kasus di antaranya telah meninggal. Atas tingginya kasus tersebut, Bupati Ciamis Herdiat […]