DPD Golkar Jabar: Pengumuman Rekomendasi Cabup Itu Sakral

Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Jawa Barat Asep Suparman./visi.news/ist
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Salah seorang pengurus DPD Partai Golkar Jabar mengungkapkan bahwa pengumuman hasil rekomendasi calon bupati (Cabup) itu sakral, sehingga harus resmi dan oleh yang punya otoritas, dalam hal ini DPD atau DPP Partai Golkar.

“Pengumunan rekomendasi itu sakral, tidak bisa oleh DPD Kabupaten Kota, tapi harus secara resmi oleh DPD atau DPP. Kita saja disini sama bersaber menunggu hasil dari DPP, karena harus kita fahami yang mereka kerjakan bukan hanya di satu daerah tapi secara nasional, ada 270 pilkada untuk 9 Desember 2020 ini,” ungkap Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Jawa Barat Asep Suparman di Bandung kepada VISI.NEWS, Kamis (2/7/2020) malam.

Begitu juga untuk tingkat Jawa Barat, Kang Asup, panggilan akrab pria tersebut mengatakan, ada delapan daerah yang menyelenggarakan Pilkada, sehingga pengumuman siapa-siapa yang direkomendasi juga akan dilakukan secara serentak. “Yang baru kita sampaikan kemarin itu baru sekedar usulan yang datang dari DPD Kabupaten Bandung untuk mengusulkan rekomendasi Cabup ke Ibu Nia. Usulan Kabupaten Bandung itu, kita teruskan ke pusat, baru sebatas itu. Makanya kita harus bersabar dulu menunggu pengumuman resmi dari pusat yang sudah ditandatangani oleh Ketum dan Sekum,” jelasnya.

Diakuinya, dalam usulan dari DPD Kabupaten Bandung ke Jabar dan diteruskan ke pusat menyertakan pasangan untuk Calon Wakil Bupati Bandung, dari kalangan birokrat Usman Sayogi dan dari partai Deding Ishak (KDI).

Ia juga sangat menyayangkan DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung mendahului keweangan Jabar dan Pusat, meski tidak ada sanksi tapi secara etika partai tidak bisa dibenarkan. “Sanksi tidak ada hanya secara etika itu menyalahi, karena bukan kewenangannya,” tandasnya.

Sekali lagi ia minta semua pendukung kandidat calon untuk bersabar menunggu pengumuman resmi. Partai Golkar, katanya, pada saatnya akan mengumumkan secara resmi siapa saja yang akan diusung pada Pilkada yang akan digelar di delapan daerah di Jawa Barat.

“Sejauh ini belum ada pengumuman secara resmi. Penetapan siapa saja yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada 2020 di Jabar, akan diumumkan pada saatnya oleh Ketua DPD Partai Golkar Bapak Ade Barkah Surachman,” kata Kang Asup.

Menurutnya, pengumuman Ketua DPD Partai Golkar Jabar akan disampaikan setelah rekomendasi dari DPP Partai Golkar untuk delapan daerah yang menyelenggarakan pilkada ditandatangani. “Kalau sekarang ada yang mengklaim sudah mendapat rekomendasi, kami sampaikan Partai Golkar belum membuat pengumuman secara resmi atau tertulis,” tegasnya.

Untuk Kabupaten Bandung ini akan melalui mekanisme survei yang memakan waktu kurang lebih satu minggu. “Sampai sekarang ini survei rencananya tetap dilaksanakan, dan itu paling tidak perlu waktu satu minggu, sehingga kemungkinan tidak akan diumumkan dalam satu dua hari ini yang direkomendasi pusat itu,” ujarnya.

Pernyataan Asep ini menanggapi pemberitaan di sejumlah media online yang menyebut sudah ada keputusan terkait calon kepala daerah dari satu daerah. Padahal, katanya, sampai saat ini partai berlambang beringin ini belum membuat keputusan secara tertulis.

“Semuanya mohon bersabar. Keputusan secara resmi akan disampaikan langsung oleh ketua, tidak hanya untuk satu daerah namun untuk seluruh kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada,” kata Asep Suparman lagi.

Sebagaimana diketahui, delapan daerah di Jawa Barat akan menyelenggarakan Pilkada di tahun 2020. Kedelapan daerah itu adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Depok.

“Dari semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada itu, belum ada satu pun yang ditetapkan calonnya dari Partai Golkar. Semua akan diumumkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Jabar,” kata Asep.@mpa/bud

One thought on “DPD Golkar Jabar: Pengumuman Rekomendasi Cabup Itu Sakral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bandung Lantik Tiga Pejabat Administrator

Kam Jul 2 , 2020
Jangan Lupa Bagikan Dadang Naser, “Kita terapkan sistem merit untuk mencetak ASN yang profesional” VISI.NEWS – Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip melantik 3 Pegawai Negeri Sipil (PNS) jabatan administrator. Tiga pejabat tersebut antara lain, Gugum Gumilar, S.STP., M.Si yang semula menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan […]