Gugus Tugas Covid-19: Kondisi Setelah Lebaran akan Sangat Menantang

Ilustrasi pemudik di masa PSBB pencegahan virus corona./antara/didik suhartono.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memprediksi kondisi setelah Lebaran akan menjadi tantangan tersendiri dalam penanganan kasus infeksi virus corona di Indonesia.

Sebab, diprediksi masyarakat yang ‘berhasil’ mudik ke kampung halaman akan segera kembali ke kota usai Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

“Kami menyadari bahwa kondisi setelah Lebaran akan sangat menantang,” ujar Wiku dalam jumpa pers, Rabu (20/5), seperti dilansir CNN Indonesia.

Wiku mengatakan pemerintah telah melarang salat Id dan warga mudik untuk menekan laju penyebaran virus corona. Namun, ia tak menampik ada sebagian warga yang tetap nekat untuk mudik dan menjalankan salat Id berjeemah di masjid maupun di lapangan.

“Bagaimanapun dalam perayaan Lebaran tahun ini pemerintah telah melarang mudik antarwilayah maupun mudik lokal untuk menekan penularan. Tapi kita menyadari (masih ada yang mudik) maka pengawasan dan evaluasi harus ditingkatkan,” jelasnya.

Di sisi lain, pemerintah juga telah mengetatkan syarat bagi warga yang akan menggunakan transportasi publik di bandara dan pelabuhan. Warga yang akan kembali dengan menumpang pesawat, harus memenuhi syarat di antaranya memiliki tiket, surat bebas corona, dan surat penugasan.

“Di sana juga ada pemeriksaan berlapis dan pengukuran suhu tubuh oleh petugas sebelum terbang,” kata Wiku.

Pemerintah sebelumnya telah mewaspadai arus balik warga dari kampung halaman khususnya yang kembali ke Jakarta.

Ketua Gugus Tugas Doni Monardo mengatakan telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membahas upaya antisipasi warga yang kembali.

Dikhawatirkan, mereka yang kembali dari kampung halaman menjadi carier atau pembawa virus corona setibanya di Jakarta. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Selepas Bebas, Roro Fitria Memilih Hijrah

Kam Mei 21 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Roro Fitria memilih hijrah pascakeluar dari Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, awal April 2020 lalu. Berusaha menjadi pribadi yang lebih baik juga berimbas kepada kehidupan sehari-seharinya. Selain, sudah mengenakan hijab, Roro mengaku tidak lagi melakukan berbagai kegiatan yang bertentangan dengan keyakinannya. Salah satunya yakni mengonsumi bunga melati maupun […]