H. Kusnadi: Bencana Terjadi Akibat Kerusakan Lingkungan

Editor Anggota DPRD Jawa Barat Haji Kusnadi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Dampak dari kerusakan alam akan sangat mempengaruhi kehidupan manusia karena manusia bergantung pada lingkungan. Lingkungan hidup merupakan satu kesatuan antara berbagai makhluk hidup disertai komponen yang ada disekitarnya, seperti hewan, tumbuhan dan lain sebagainya.

Pandangan tersebut dikatakan Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi, kepada VISI.NEWS Rabu (8/12/21). Menurutnya, manusia sebagai salah satu makhluk hidup memiliki peranan penting guna mengelola lingkungan hidup disekitarnya, dan sebaliknya, jika terjadi kerusakan, maka sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.

“Penyebab kerusakan lingkungan hidup, biasanya sebagian besar terjadi akibat faktor manusia, dan ini terjadi di sebagian daerah di Jabar, selebihnya merupakan faktor alam,” katanya.

Kerusakan lingkungan hidup, lanjut Anggota Komisi IV DPRD Jabar ini, selain berpontensi terjadinya bencana alam, juga berdampak pada sektor ekonomi maupun sosial, bahkan tidak sedikit pula pada hilangnya jiwa manusia, dan ini sangat merugikan manusianya itu sendiri.

“Bencana pemansan global misalnya, bencana ini kerap terjadi akibat ulah manusia yang sengaja melakukan penggundulan hutan, pembakaran hutan dan penggunaan batu bara yang berlebihan,” ujarnya.

Selain itu, Kusnadi mengungkapkan, pencemaran lingkungan juga kerap dilakukan oleh manusia, sehingga menyebabkan kotornya saluran air (Sungai) dan mempengaruhi kesehatan manusia menjadi terganggu dibagian pernafasan serta kulit.

“Kasus ini biasanya terjadi disekitar pemukiman yang berdekatan dengan sungai dan pabrik, pencemaran lingkungan ini cenderung diakibatkan karena limbah pabrik,” ungkapnya.

Kemudian tanah longsor, bencana ini kerap terjadi akibat faktor alam namun terkedang juga diakibatkan oleh ulah manusia yang sengaja melakukan pengikisan tanah, menurut teori, bencana tanah longsor ini terjadi kekurangan penyerapan air oleh pohon hingga menyebabkan erosi.

Baca Juga :  Jaringan Narkoba Bali Digulung Polresta Sidoarjo

“Penebangan liar juga merupakan salah satu pemicu terjadinya tanah longsor, yang tidak jarang selalu berdampak pada bencana banjir, oleh karena itu kita sebagai manusia harus mampu menjaga kelestarian lingkugan hidup disekitar kita,” pungkasnya.@eko

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebangkitan Industri Buku Melalui Pameran Buku Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021

Kam Des 9 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Rabu pukul 10.00 WIB Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf) Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salhuddin Uno, B.B.A., M.B.A., resmi membuka acara Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021. Acara ini diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat selama lima hari dari […]