Huawei Meluncurkan Solusi Pembayaran Seluler dan Keuangan Mikro yang Memfasilitasi Inklusi Keuangan

Editor Huawei. /visi.news/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Huawei meluncurkan solusi inklusi keuangan dalam bentuk layanan pembayaran seluler dan keuangan mikro di ajang HUAWEI CONNECT 2021. Solusi ini membantu lembaga keuangan menyediakan layanan cepat dan terjangkau, semakin mendekatkan dunia menuju inklusi keuangan. Huawei akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra ekosistem dan memanfaatkan TIK baru yang mengembangkan pembayaran seluler, serta membangun ekosistem bisnis yang menguntungkan.

Bank memakai solusi pembayaran seluler dan keuangan mikro, termasuk teknologi cloud dan SaaS, ketika membangun model bisnis khusus dan ekosistem yang berkembang pada aplikasi super (super apps). Solusi inklusi keuangan Huawei meliputi dompet seluler, platform pembayaran seluler, jaringan terbuka pada aplikasi super, serta platform produk finansial. Dengan fitur-fitur ini, bank bisa meluncurkan beragam layanan keuangan secara cepat.

Di ajang HUAWEI CONNECT 2021, Huawei menjawab tantangan masa depan transformasi digital di berbagai industri dari tiga perspektif: skenario penggunaan, model, dan ekosistem. Huawei meluncurkan 11 solusi industri baru, termasuk solusi pembayaran seluler dan keuangan mikro. Kedua solusi ini memakai teknologi baru yang membantu lembaga keuangan di seluruh dunia mengembangkan pembayaran seluler; menghubungkan pengguna, gerai, mitra kanal, dan pengembang aplikasi; serta, membangun ekosistem yang menguntungkan.

1. Sebuah aplikasi super yang menghubungkan pengguna dan gerai. Huawei menyediakan berbagai teknologi kanal (SuperAPP, HTML5, carrier USSD, Agent, dan open API) agar bank dapat menjangkau nasabah secara lebih cepat dan dengan biaya terjangkau. Huawei juga mendukung gerai-gerai berskala kecil yang ingin memperbarui aktivitas digitalnya lewat aplikasi yang dirancang secara khusus; dukungan ini membantu berbagai bank di luar Tiongkok mengembangkan jaringan agen yang menjangkau nasabah lewat kanal daring dan luring. Berkat solusi-solusi Huawei, lembaga keuangan dapat mendesain perjalanan pelanggan daring secara lengkap, dan mewujudkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Baca Juga :  Prabowo Mania 08 Depok Dukung Dedi Mulyadi Maju Sebagai Cagub Jabar

2. Sebuah platform produk finansial yang menghubungkan pengguna dan penyalur pinjaman. Operator seluler di luar Tiongkok didukung oleh basis pengguna yang masif. Jadi, pihak operator memiliki aspek penggerak pertumbuhan bisnis dan aspek dasar monetisasi. Namun, mereka masih kesulitan memperoleh platform yang menghubungkan layanan operator dengan bank. Lewat platform produk finansial, pihak operator dapat merekomendasikan pengguna layanan seluler kepada bank. Hal tersebut dapat menyediakan produk finansial sebagai layanan tambahan (embedded) secara langsung kepada pengguna.

3. Sebuah platform pengembang aplikasi yang ikut membangun ekosistem. Pihak pengembang aplikasi terdiri atas beberapa jenis, termasuk sistem layanan terkemuka di dunia, layanan lokal, dan layanan perantara, seperti small plug-in. Huawei menyediakan solusi SaaS cloud-native yang mendukung inovasi secara berulang dan open API. Dengan solusi ini, mitra SaaS lain dan pengembang aplikasi dari ekosistem berbeda dapat terhubung dengan platform HUAWEI CLOUD. Bank dan mitra pun mudah mengeksplorasi layanan baru dan cepat mengumpulkan beragam ekosistem agar sukses meluncurkan proyek kolaboratif.

Solusi inklusi keuangan dari Huawei telah berhasil diimplementasikan di beberapa negara.

Misalnya, Huawei berkolaborasi dengan KBZ Bank di Myanmar—bank lokal terbesar—dan membangun layanan dompet digital baru yang disebut KBZPay dengan memanfaatkan public cloud. KBZPay mengintegrasikan beragam perangkat pemasaran demi mewujudkan pengalaman digital yang lengkap bagi pengguna, serta membantu gerai menggaet pelanggan. Hanya dalam dua setengah tahun, KBZPay telah memiliki lebih dari delapan juta pengguna terdaftar sehingga menjadikannya merek pembayaran digital terbesar di Myanmar.

Di Kenya, Huawei bekerja sama dengan Safaricom—operator seluler terbesar di negara tersebut—dan membangun merek pembayaran yang disebut M-Pesa. Platform ini tak hanya mendukung layanan pengiriman uang lewat bank, namun juga menawarkan beberapa layanan untuk aktivitas harian. Di saat bersamaan, platform ini membantu KCB Bank, NCBA Bank, dan Safaricom menyalurkan pinjaman mikro dan kecil kepada nasabah individual dan gerai. Setelah beroperasi selama 14 tahun, M-Pesa berkontribusi besar dalam meningkatkan inklusi keuangan di Kenya, angkanya bahkan melesat dari 23% menjadi 85%.

Baca Juga :  Lebih Dekat dengan Deni Ramdani Sagara, Mantan Pejabat Singkat Wabup Tasik (5): Satu Tahun Digantung Menanti Pelantikan

Huawei berkomitmen mengembangkan inklusi keuangan. Untuk itu, Huawei telah melayani lebih dari 30 lokasi di lebih dari 20 negara, menjangkau 300 juta pengguna di sejumlah wilayah, seperti Afrika Bagian Selatan, Afrika Utara, dan Asia Pasifik. Huawei juga ingin menghadirkan layanan keuangan yang nyaman dan beraneka ragam bagi setiap orang. Lewat konektivitas dan platform canggih, Huawei membantu lembaga keuangan membangun proses bisnis digital, menerapkan layanan inklusi keuangan digital, serta mewujudkan perkembangan finansial secara berkelanjutan.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Meriahkan PON XX Papua, PLN Diskon Tambah Daya Hanya Rp 160.000

Sel Sep 28 , 2021
Silahkan bagikan Promo menarik ini berlaku khusus di Papua dan Papua Barat. Pelanggan bisa mendaftar lewat PLN Mobile VISI.NEWS – Menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua, PT PLN (Persero) meluncurkan promo layanan tambah daya ‘Gebyar PON XX Papua 2021’. Melalui program ini, pelanggan di Papua dan Papua […]