Hujan Lebat Diprakirakan Meliputi Sebagian Wilayah Indonesia

Editor BMKG memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu (29/5/2021)./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu (29/5/2021).

Menurut informasi cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG seperti dilansir Antara, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Papua.

Hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang juga diprakirakan turun di Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Maluku Utara, dan Maluku.

BMKG juga menyampaikan peringatan mengenai potensi munculnya gelombang setinggi empat hingga enam meter di Samudera Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias dan Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Timur.

Selain itu, gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter berpotensi muncul di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, dan Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba.

Gelombang dengan tinggi 2,5 sampai empat meter juga diprakirakan menghampiri Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Bali hingga Nusa Tenggara Timur, Perairan Selatan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar, Perairan Selatan Kepulauan Kei hingga Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.

Gelombang tinggi dan sangat tinggi berisiko menimbulkan gangguan dalam pelayaran perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

BMKG juga menyampaikan imbauan kepada warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir perairan yang berpeluang menghadapi gelombang tinggi untuk selalu waspada.

Baca Juga :  Safari Ramadan 1445 H, Bambang Tirtoyuliono Ajak Masyarakat Jaga Kekhusyukan Ibadah

Perubahan iklim picu peningkatan frekuensi cuaca ekstrem di Indonesia
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

FINAL LIGA CHAMPIONS: Ini Bukan Saya Melawan Guardiola, kata Tuchel

Sab Mei 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dua ahli siasat terbaik dalam sepak bola modern akan saling berhadapan dalam final Liga Champions dini hari esok, tetapi manajer Chelsea Thomas Tuchel menyatakan salah jika beranggapan laga ini sebagai pertandingan antara dirinya melawan bos Manchester City Pep Guardiola. Tuchel tengah memburu gelar juara Liga Champions pertamanya […]