Kadinkes: Jumlah Terkonfirmasi Covid Bertambah, Disinyalir Dampak dari Liburan

Editor Kadinkes Kab. Bandung, Grace Meidina./visi.news/ki agus.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Meidina, mengakui jumlah terkonfirmasi covid 19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bandung kian bertambah yang disinyalir merupakan dampak dari liburan atau mudik.

Grace menambahkan, salah satu penyebab menyebarnya pandemi covid 19 dikarenakan masyarakat lalai untuk mematuhi Protokol Kesehatan minimal memakai masker atau menghindari kerumunan.

“Juga yang bepergian jauh dengan menggunakan bus secara berkelompok atau muatan banyak, dan hanya menggunakan AC untuk sirkulasi udara, itu bisa juga menjadi penyebab menyebarnya virus corona,” katanya di Lapang si Jalak Harupat, Jum’at (4/6/2021).

Ketika disinggung validasi hasil test swab yang dilakukan puskesmas, dia menegaskan, itu jelas sangat valid dan sesuai dengan keadaan warga. Jadi masyarakat harus menerima keputusan tersebut, selanjutnya segera melakukan isolasi mandiri.

Dia menganjurkan untuk Isoman di rumah masing-masing selama 14 hari, dengan harapan masyarakat terkonfirmasi tersebut bisa rilex dan nyaman saat melewati isoman. Tapi bisa saja mengajukan untuk dipindahkan ke lokasi yang sudah dipersiapkan Pemkab Bandung.

Mengenai keberangkatan masyarakat untuk berziarah, menurutnya itu boleh-boleh saja tidak akan dilarang. “Namun selama perjalanan itu, apakah masyarakat mengenakan masker, terjadi obrolan secara dekat, dan berapa jumlah pesertanya, itu bisa memicu menyebarnya pandemi,” ujar dia.

Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat, untuk mematuhi 5M, dan menghindari setiap kerumunan juga jaga jarak. Meskipun di dalam lingkungan rumah, tetap harus mematuhi Prokes. @qia/alfa.

Baca Juga :  PPKM Level 4 Cukup Efektip Cegah Penyebaran Covid-19

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bandung Minta Dinkes Prioritaskan Produk Farmasi Lokal

Jum Jun 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bupati Bandung Dadang Supriatna menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes), agar rumah sakit maupun apotek memprioritaskan penyediaan obat-obatan dari perusahaan farmasi yang ada di wilayah lokal Kabupaten Bandung. Hal itu diungkapkannya di sela kunjungan kerja (kunker) ke PT Triman Kecamatan Rancaekek, Jumat (4/6/2021). “Triman ini salah satu perusahaan yang […]