Kakanwil Kemenag Jabar Tinjau Kesiapan Bandara Kertajati untuk Pelayanan Haji 2021

Editor :
Kakanwil Kemenag Jabar Dr. H. Adib tinjau kesiapan Bandara Internasional Kertajati untuk pelayanan haji 2021./visi.news/kemenag.go.id

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kendatipun keputusan penyelenggaraan haji tahun 2021 belum dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, persiapan antisipasi bila penyelenggaraan haji digelar tetap dilaksanakan. Hal ini dilakukan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI dan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat dengan kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Senin (22/2/2021) lalu.

Rombongan diterima oleh Direktur Utama BIJB, Salahudin Rafi. Pada kesempatan tersebut ia mengungkapkan bahwa secara prinsip otoritas penerbangan sipil Arab Saudi (GACA) telah menyetujui Bandara Kertajati Kab. Majalengka menjadi Embarkasi Haji. Secara requirement standard operating, Bandara Kertajati telah memenuhi syarat, baik kepanjangan, lebar maupun ketebalan landasan pacu.

Salahudin menambahkan bahwa secara fasilitas Bandara Kertajati telah siap untuk melayani haji, termasuk penerapan fast track untuk keberangkatan jemaah haji. Menurutnya hal ini tinggal menunggu surat permohonan dari pihak Kementerian Agama untuk penyediaan fasilitas fast track, sebagai dasar untuk pengajuan anggaran investasi.

Kasubdit dokumen dan perlengkapan haji Ditjen PHU Kemenag RU, H. Nasrullah Djasam, mengungkapkan bahwa penerapan fast track telah diterapkan sejak 2018 dan 2019. Namun baru diterapkan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Nasrullah menambahkan penerapan fast track sangat memangkas waktu para jemaah haji saat di bandara. Saat ini Kemenag mengajukan 6 bandara untuk diterapkan system fast track, di antaranya Soekarno Hatta Banten, Kertajati Jawa Barat, Adi Sumarmo Jawa Tengah, Djuanda Jawa Timur, Kualanamu Sumatera Utara dan Sultan Hasanudin Sulawesi Selatan.

Berkenaan dengan Asrama Haji Indramayu, Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Dr. H. Adib, menjelaskan bahwa pada tahun 2020 yang merupakan Tahap I Pembangunan Asrama Haji Indramayu, telah dibangun tiga gedung yang terdiri dari gedung kantor dan penginapan, gedung pertemuan, dan gudang. Pekerjaan yang masih dilaksanakan adalah penataan jalan dan pemasangan kabel listrik.

Baca Juga :  Jose Mourinho Resmi Latih AS Roma

H. Adib menambahkan bahwa Asrama Haji Indramayu direncanakan menjadi Asrama Haji termegah di Indonesia. Pada tahap II pembangunan di tahun 2021 akan dibangun Masjid yang di bawahnya akan dilengkapi museum haji, asrama haji untuk jemaah, miniature ka’bah yang akan dibangun seukuran ka’bah sesungguhnya, mock up pesawat haji serta Rumah Sakit Haji.

Pada kesempatan tersebut juga hadir mantan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang baru saja dilantik menjadi Kepala Bagian Tata Usaha, H. Ajam Mustajam, yang menjelaskan skenario perjalanan haji 2021 bila jadi dilaksanakan.

Ia menjelaskan bahwa seluruh penerbangan haji akan dilaksanakan di Bandara Kertajati. Namun untuk pengurusan dokumen dan administrasi akan dibagi menjadi dua wilayah. Asrama Haji Indramayu akan diperuntukan Jemaah haji asal Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Pada tahun ini, jemaah haji tidak diinapkan di Asrama Haji Indramayu. Melainkan transit dengan maksimal 7 jam untuk penyelesaian dokumen dan administrasi. Untuk selanjutnya jemaah haji diberangkatkan menuju Bandara Kertajati.

Kabag TU Kanwil Kemenag Jabar menambahkan, jemaah haji di luar wilayah Ciayumajakuning, penyelesaian dokumen dan administrasi dilakukan di Asrama Haji Bekasi. Adapun penerbangan jemaah dilaksanakan di Bandara Kertajati.

Kegiatan kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang PHU yang baru dilantik, H. A. Handiman Romdony, Kepala Kankemenag se- Ciayumajakuning serta pejabat Eselon IV di Bidang PHU. Kunjungan diakhiri dengan meninjauan terhadap fasilitas bandara yang akan digunakan untuk pelayanan jemaah.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Ciamis Gelar Rapat Paripurna Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024

Rab Feb 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis melakukan Rapat pembahasan bersama Bupati Ciamis perihal perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 di gedung DPRD Ciamis, Selasa (23/02/21). Dalam rapat Pansus bersama Bupati tersebut, pansus meminta adanya sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam melakukan […]