Kang DS Longok Rumah Terdampak Angin Puting Beliung

Editor :
Bupati Bandung Terpilih HM Dadang Supriatna (kiri) saat meninjau lokasi korban puting beliung di Cimenyan Senin (29/3/2021)

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna meninjau lokasi korban hantaman angin puting beliung di Desa Mekarsaluyu, Desa Mekarmanik dan Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (29/3/21).

Berdasarkan informasi, angin puting beliung terjadi pada pukul 16.30 WIB, Minggu, (28/3/21) Peristuaa itu disertai intensitas hujan sangat tinggi, sehingga angin bertiup kencang dari lembah menuju puncak. Tercatat kecepatan angin di Stasiun Geofisika Bandung tercatat pada pukul 15:00 WIB Minggu (28/3) sebesar 28km/jam

Insiden itu mengakibatkan ratusan rumah warga dan beberapa kios warung sekitar lokasi, materialnya tertiup angin. Selain rumah, gedung sekolah SD dan SMP juga terdampak, masjid dan kantor desa. Sedikitnya dua warga terluka berat dan empat lainnya luka ringan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

“Menurut laporan, ada 185 unit rumah warga yang terkena puting beliung di Desa Mekarsaluyu dan Desa Cimenyan sekitar 135 unit,” ungkap Bupati Bandung terpilih kepada wartawan, Senin (29/3/21).

Dadang Supriatna menambahkan, dari 320 rumah yang terdampak itu, ada empat klasifikasi rumah terdampak. Pertama, rumah tidak layak huni agar segera mendapat program rehab rutilahu. Kedua, rumah terdampak yang rusak berat dan mendapat perbaikan total. Ketiga, ada yang rusak sedang.

“Keempat ada yang rusak ringan dan sudah mendapat bantuan perbaikan yang dikordinasikan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satlak PBP), karena ada juga warga terdampak yang mengungsi,” imbuh Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS berharap penanggulangan bencana puting beliung di Cimenyan ini bisa tuntas sebelum bulan Ramadan. Menurutnya selain aspirasi bantuan kerusakan rumah, warga pun gardu listrik segera diperbaiki agar bisa menyala lagi.

Baca Juga :  TAUSIAH: Dahsyatnya Padang Mahsyar di Hari Kiamat, Siapa yang Selamat?

Pelaksana Harian Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara menambahkan, tim assesment BPBD masih melakukan pertolongan dan bantuan darurat di lokasi kejadian. Warga terdampak ada yang mengungsi sementara di rumah keluarga dan tetangganya.

Pemkab Bandung juga sudah menyalurkan bantuan bagi warga terdampak seperti dari Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Bandung.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bandung antara lain berupa family kit 48, kidware 20, selimut 43, paket dapur 13, paket sandang 48, mie instant 10 dus, air mineral dan paket sembako lainnya dari Dinsos.@pih

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berawal dari Iseng, Minivelo Tembus Pasar Dunia

Sel Mar 30 , 2021
Silahkan bagikan Feri Soemantri, “Bersepeda itu hobi yang langgeng” VISI.NEWS – Pada akhir tahun 2018 Feri Soemantri, warga Jalan Cibogo Desa Sukamukti Kecamatan Katapang, memulai usaha sepeda custom secara tidak sengaja. Berawal dari keisengan ‘memutilasi’ sepeda gunung di bengkel miliknya yang kini dinamai MV Corp Bandung, Setelah melihat karya ‘mutilasi’ […]