Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya : Dengan Wayang Kisah Mahabharata dan Ramayana Jadi Cerita Islam

Editor Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya. /nu.or.id
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya menceritakan bahwa basis cerita wayang golek bersumber dari kisah Mahabharata dan Ramayana yang berasal dari India. Dua kisah itu memiliki kepercayaan dan kebudayaan yang berbeda dengan Nusantara.

Namun, kata dia, para wali mampu mengadaptasi dua cerita itu menjadi kisah yang khas Nusantara, baik dari sisi kepercayaan dan kebudayaannya.

“(Kedua kisah itu, red.) diislamkan,” kata Dadan saat hadir sebagai bintang tamu pada acara Guar Budaya yang ditayangkan NU Jabar Channel, Jumat (19/3), pukul 19.00 WIB.

Menurut Dadan, pada kisah Mahabharata ada sosok perempuan yang bernama Drupadi. Ia memiliki suami lima atau poliandri, yaitu para Pandawa yang terdiri Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa. Tentu hal itu tidak sejalan dengan ajaran Islam.

“Di wayang menjadi hanya istri Yudhistira,” kata putra dari Ki Dalang Asep Sunandar Sunarya ini.

Sosok Durna yang merupakan guru dari Pandawa dan Kurawa, lanjutnya, pada cerita Mahabharata adalah sosok yang segala tahu berbagai ilmu. Ia disebut resi, pandita, wiku.

“Mun ayeuna naon, nya, profesor, doktor, jadi dipuja-puja,” katanya.

Namun, dalam cerita wayang di Indonesia Durna tidak seperti itu. Ia bahkan menjadi sosok orang yang suka mengadudombakan satu orang dengan orang lain. Ini artinya, tidak boleh ada orang yang dikultuskan.

Di dalam cerita wayang juga muncul istilah punakawan yang tidak ada dalam kisah asalnya pada Mahabharata dan Ramayana karena dua kitab itu bercerita tentang tokoh-tokoh berkasta tinggi.

Dalam wayang di Indonesia memunculkan perwakilan dari masyarakat yaitu Semar dan anak-anaknya: Cepot, Dawala, dan Gareng. Mereka mewakili aspirasi masyarakat kecil.@mpa/noi

Baca Juga :  Tak Ada yang Sempurna

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

HIDAYAH: Alquran Jawab Semua Masalah Hidup, Jaime Brown Jadi Mualaf

Sen Mar 22 , 2021
Silahkan bagikan– “Benar-benar memberdayakan berada dalam jilbab, baik secara internal maupun eksternal. Ini bukan hanya sepotong kain, ini lebih dari itu.” VISI.NEWS – Seorang wanita Amerika membagikan kisahnya ketika memutuskan menjadi mualaf dengan memeluk Islam dan mengenakan hijab. Ia merasakan banyak perbedaan dalam hidupnya. Begitupun dengan menggunakan hijab, bukan saja […]