Komisi VIII DPR RI Prihatinkan Minimnya Anggaran KemenPPPA

Editor :
Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Endang Maria Astuti, S.Ag., M.H.(berkerudung warna krem) bersama Mensos Tri Rismaharini saat peresmian sentra kreasi atensi Antasena di Magelang, Jateng. /visi.news/mohammad hasyim

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti memprihatinkan rendahnya anggaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Tanpa anggaran yang memadai, dia tidak yakin upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak dapat dilakukan secara maksimal.

“Bahkan kami ingin, Kementerian PPPA itu tidak hanya perlu ditingkatkan anggarannya, melainkan lembaganya juga harus naik kelas menjadi kementerian teknis bukan kementerian koordinatif,” ujar Endang dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, kemarin.

Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar ini, anggaran Kementerian PPPA Tahun 2021 senilai Rp279miliar. Anggaran ini sangat kecil untuk ukuran kementerian sebab masih harus dibagi untuk program-program perlindungan perempuan dan anak di 34 provinsi se-Indonesia.

Padahal, program perlindungan perempuan dan anak tidak akan optimal tanpa dukungan anggaran yang memadai. “Bayangkan saja, anggaran untuk satu kabupaten saja ada yang dalam APBD-nya mencapai Rp1 triliun, masak ini untuk kementerian hanya seperempatnya. Ini tidak layak,” ujarnya.

Apalagi, dia menambahkan, dalam rangka refocusing anggaran untuk penanggulangan Covid-19 maka anggaran KemenPPPA Tahun 2021 dipotong lagi Rp12,4miliar sehingga menjadi Rp267miliar. “Makanya kami di KomisiVIII DPR RI menolak pemotongan anggaran KemenPPPA.” Katanya.

Anggota Dewan dari Dapil Jateng IV ini menambahkan, untuk efektivitas kerja KemenPPPA maka diperlukan peningkatan kelembagaan KemenPPA dari kementerian koordinatif menjadi kementerian teknis. “Dengan menjadi kementerian teknis maka upaya perlindungan perempuan dan anak dapat dilakukan secara maksimal,” demikian Endang Maria Astuti.@hmh

Baca Juga :  Kembali Dua Jenazah Ditemukan di Lokasi Longsor Cimanggung

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPK Periksa Azis Syamsuddin Hari Ini

Rab Jun 9 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin , Rabu (9/6/2021). Azis bakal diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap penanganan perkara yang menjerat mantan Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial. “Benar, Rabu 9 Juni 2021 dijadwalkan pemanggilan […]