KULINER: Nasi Liwet Domba Garut Diperkenalkan ke Mancanegara

Editor Nasi liwet domba Garut diperkenalkan ke mancanegara./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pelopor kuliner nasi liwet domba dari Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengenalkan produknya ke mancanegara khususnya negara Timur Tengah sehingga kuliner Indonesia bisa lebih dikenal luas dan diminati orang asing yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi.

“Kita sudah mulai mengenalkan kuliner nasi liwet domba garut ke mancanegara,” kata pelopor kuliner nasi liwet domba Jajang Riyadi saat mengisi acara untuk mendemonstrasikan pembuatan nasi liwet domba kepada peserta Workshop Kuliner Nusantara di Fave Hotel Kabupaten Garut, Minggu (21/6/2021) lalu, dilansir Antara.

Pemilik usaha kuliner bernama Bonita itu mengatakan nasi liwet buatannya berbeda dengan liwet lainnya yaitu menggunakan daging domba dan rempah-rempah khas yang banyak tumbuh di tanah Kabupaten Garut.

Nasi liwet ini memiliki cita rasa tersendiri yang bisa diterima oleh pasar mancanegara, terutama orang Timur Tengah karena rasanya ada kesamaan dengan negara itu.

“Sasaran yang pas untuk mengenalkan nasi liwet domba ini mungkin daerah Timur Tengah, di sana punya pasar,” katanya.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan menyatakan siap mendukung untuk mengenalkan produk kuliner khas Garut ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk ke mancanegara.

Kuliner nusantara menjadi ciri khas budaya dan identitas bangsa Indonesia sehingga perlu dikenalkan ke seluruh negara agar bisa bersaing dengan kuliner khas dari negara lain.

Beberapa kuliner dari Indonesia yang sudah dikenal dan diminati di luar negeri yaitu daging rendang, kemudian berbagai kuliner yang menjadi khas di Bali.

Kuliner dari daerah lainnya seperti Garut, bisa dipromosikan ke luar negeri salah satunya yang saat ini menjadi ciri khas Garut yaitu nasi liwet domba.

Baca Juga :  Regu Putra Bulutangkis Indonesia Tantang Thailand di Semifinal SEA Games 2021

“Nasi liwet bisa kan itu kayak mirip-mirip kebuli ya,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan menambahkan daerah Garut memiliki banyak ciri khas kulinernya dan selalu digemari wisatawan, salah satunya menu makanan nasi liwet, termasuk nasi liwet yang saat ini sedang dikembangkan yaitu nasi liwet domba.

Ia berharap berbagai kuliner di Garut bisa lebih dikenal banyak orang di seluruh daerah Indonesia, atau bisa sampai ke mancanegara yang akhirnya nanti akan banyak kunjungan ke Garut.

“Kami terus sosialisasikan kuliner dari Garut, mengenalkan lebih dalam nasi liwet agar bisa ‘go’ internasional,” katanya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Camat Kutawaringin Tutup Wilayah Zona Merah di Dua Desa

Rab Jun 23 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Guna mengantisipasi menyebarnya pandemi Covid-19 di wilayahnya, Camat Kutawaringin, H. Cep Azis Sukandar, melakukan lockdown di satu RT di Desa Gajahmekar dan satu RT di Desa Kopo yang dianggap zona merah. Tindakan selanjutnya yang dilakukan Azis, dengan melakukan penyemprotan di wilayah yang bukan zona merah sebagai bentuk […]