LindungiHutan Kembali Inisiasikan Program Rutin Sedekah Pohon di Bulan Ramadan

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SEMARANG – Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, LindungiHutan kembali memperkuat komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan menginisiasi program tahunan, yaitu Sedekah Pohon. Program ini menjadi wadah berbagai pihak untuk bertindak bersama melawan perubahan iklim dan memperbaiki kerusakan lingkungan sembari menjalankan kebaikan di bulan Ramadan.

Melalui program Sedekah Pohon, seluruh pihak dapat berkontribusi bersama secara aktif dalam upaya penghijauan dan membangun masa depan berkelanjutan untuk Indonesia.

Ciptakan Kebaikan Berkelanjutan

CEO LindungiHutan, Miftachur Robani (Ben), dalam keterangan tertulis kepada VISI.NEWS, Selasa (2/4/2024) mengatakan bahwa Sedekah Pohon mengandung sisi spiritual yang diyakini oleh banyak orang memiliki manfaat dan pahala bagi yang melakukannya.

“Isu yang diangkat LindungiHutan bukan sekadar isu lingkungan, sosial, dan keberlanjutan saja, tetapi memiliki sisi spiritualitas. Hal tersebut diwujudkan melalui inisiasi Sedekah Pohon yang bertepatan dengan bulan Ramadan. Bagi orang-orang yang memiliki kepercayaan, menanam pohon memiliki manfaat dan ganjaran pahala yang akan diberikan dari setiap pohon yang kita tanam karena gunanya bukan cuma hari ini, melainkan untuk masa depan juga,” ujar Ben.

Program Sedekah Pohon dimulai pada tahun 2019. Inisiatif pertama kali dilakukan dengan membuat kampanye penghijauan di pesisir Bedono, Demak, Jawa Tengah. Setidaknya, ada sebanyak 111 Sahabat Alam yang turut berdonasi dan berhasil mengumpulkan 2.345 pohon mangrove. Aksi ini dilakukan untuk mengurangi ancaman abrasi di pesisir tersebut.

Meskipun dihadapkan dengan pandemi Covid-19 pada 2020, LindungiHutan tetap menjalankan aksi hijau ini dan berhasil mengumpulkan 2.146 pohon yang ditanam di 4 provinsi, antara lain Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat.

Satu tahun berselang, yakni 2021, program Sedekah Pohon pun berkolaborasi dengan program Jaga Hutan untuk menambah kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan. Kolaborasi antara kedua program ini sukses mengumpulkan ribuan pohon yang tersebar di 9 provinsi, salah satunya di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Mesjid Al Fathu Soreang Mulai Berdenyut Lagi

Kolaborasi antara LindungHutan dan mitra-mitranya kembali diwujudkan melalui program Sedekah Pohon pada tahun 2022. Melalui program ini, ribuan pohon kembali dikumpulkan dan berhasil ditanam di 11 wilayah penghijauan yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia.

Kontribusikan Kebaikan

Tahun 2024, LindungiHutan membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk terlibat dalam program Sedekah Pohon. Kami mengundang seluruh pihak mulai dari individu, komunitas, organisasi, hingga brand dan perusahaan untuk ikut serta dalam program kebaikan selama Ramadan yang berkelanjutan.

Individu yang ingin terlibat dapat melakukan donasi pohon dan memilih kampanye sedekah pohon yang tersebar di 5 (lima) kota lokasi penghijauan. Lokasi tersebut tersebar di Teluk Benoa (Badung, Bali), Jabungan (Semarang, Jawa Tengah), Pesisir Untia (Makassar, Sulawesi Selatan), Pulau Pari (Kepulauan Seribu, Jakarta), dan Ekowisata Mangrove Wonorejo (Surabaya, Jawa Timur).

Pohon-pohon yang didonasikan akan ditanam di lokasi-lokasi tersebut guna memperbaiki kondisi lingkungan demi mengurangi abrasi, banjir, tanah longsor, dan bencana-bencana lainnya.

Selain itu, brand dan perusahaan juga dapat berkolaborasi dalam program Sedekah Pohon dengan memilih berbagai skema kerja sama, antara lain:

Product Bundling
Skema kerja sama dengan mensinergikan produk penjualan dengan aksi penanaman pohon. Pelanggan dapat memilih atau secara otomatis untuk berdonasi minimal 1 pohon.

Service Bundling
Menambahkan nilai tambah dari layanan yang bisnis Anda berikan dengan aktivitas penanaman pohon atau layanan LindungiHutan lainnya.

One Time Donation
Berkontribusi penuh dengan sekali donasi dalam program penghijauan.

Brand dan perusahaan yang bekerja sama akan mendapatkan keuntungan, seperti laporan pertanggungjawaban, monitoring pohon berkala, halaman kampanye khusus, publikasi di kanal resmi LindungiHutan, hingga sertifikat penghijauan.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Transisi Energi Melalui Koperasi Hijau: Peluang Penyerapan Green Jobs di Kawasan Rural

Sel Apr 2 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim penting untuk dilakukan di kawasan rural seperti perdesaan dan pesisir. Sebab masyarakat di kawasan rural seperti petani, peternak, dan nelayan menjadi yang paling terdampak dari krisis iklim. Untuk mitigasi perubahan iklim di kawasan rural, salah satu upaya yang diusung […]