Malam ini, Timnas Indonesia Uji Coba Kontra Afghanistan

Editor Timnas Indonesia akan memulai rangkaian uji coba jelang kembali beraksi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan menghadapi Afghanistan pada hari ini, Selasa (25/5/2021) malam WIB./bola.com/dody iryawan/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Timnas Indonesia akan memulai rangkaian uji coba jelang kembali beraksi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan menghadapi Afghanistan pada hari ini, Selasa (25/5/2021) malam WIB.

Shin Tae-yong sebagai pelatih juga akan menjalani debutnya sebagai pelatih Timnas Indonesia dalam pertandingan ini.

Otomatis pelatih asal Korea Selatan tersebut diprediksi akan mencoba untuk memainkan komposisi pemain terbaik yang dimilikinya untuk memulai rangkaian uji coba hingga akhirnya tampil di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu.

Dalam pertandingan uji coba pertama, yang mana Afghanistan akan menjadi lawan, Timnas Indonesia diharapkan bisa memperlihatkan performa terbaiknya. Meski disesaki oleh pemain-pemain usia muda, Tim Garuda harus bisa bersaing dan meraih kemenangan untuk bisa menambah kepercayaan diri.

Meski membawa 28 pemain ke Dubai, Uni Emirat Arab, nantinya Shin Tae-yong tidak bisa menggunakan semua pemainnya dalam satu pertandingan. Setidaknya setiap laga, pelatih asal Korea Selatan itu hanya memiliki stok hingga 23 pemain yang bisa dimainkan.

Untuk itu, laga kontra Afghanistan kali ini akan menjadi kesempatan pertama untuk menjajal komposisi terbaik yang dimiliki oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Biasa menggunakan formasi 4-4-2, siapa saja pilihan pelatih asal Korea Selatan itu untuk tampil sebagai starter dalam pertandingan pertama ini?

Untuk lini pertahanan, Shin Tae-yong punya stok yang cukup melimpah. Sebagai pengawal gawang Timnas Indonesia, tampaknya Nadeo Argawinata akan menjadi pilihan utama pelatih asal Korea Selatan itu.

Memiliki jam terbang yang paling baik dari stok kiper yang dibawa ke Dubai, serta memiliki pengalaman membela Timnas Indonesia kategori usia, terutama di U-22, membuat kiper kelahiran Kediri ini tampak paling siap untuk menjadi penghalau terakhir ancaman dari Afghanistan.

Baca Juga :  Huawei Lansir Solusi "All-Optical Rail Transportation Network"

Sementara di depannya, untuk mengisi dua posisi bek tengah, Shin Tae-yong punya banyak stok, mulai Rachmat Irianto, Ryuji Utomo, Rizki Ridho, Andy Setyo, dan Nurhidayat Haji Haris.

Melihat stok yang dimiliki, tampaknya Ryuji Utomo dan Andy Setyo akan menjadi opsi utama karena pengalaman yang mereka miliki.

Sementara di sisi sayap akan menjadi milik Koko Ari di sisi kanan dan Pratama Arhan di sisi kiri. Sebenarnya masih banyak stok bek sayap, seperti Firza Andika di sisi kiri, dan Asnawi Mangkualam serta Rifad Marasabessy di sisi kiri.

Namun, melihat aksi Pratama Arhan dan Koko Ari di Piala Menpora, dua pemain bek sayap itu punya kesiapan fisik yang lebih mumpuni.

Sementara di lini tengah, Shin Tae-yong tampaknya akan memainkan Evan Dimas Darmono sebagai jangkar permainan. Ady Setiawan diprediksi akan menjadi tandemnya di lini tengah Timnas Indonesia karena permainannya yang taktis untuk mendukung kemampuan serbabisa yang dimiliki Evan Dimas.

Kemudian di kedua sisi sayap di lini tengah yang akan membantu penyerangan, Osvaldo Haay dan Witan Sulaeman akan menjadi opsi yang paling ideal untuk mendukung permainan agresif Tim Garuda.

Kedua pemain itu bisa bertukar posisi di kiri dan kanan karena keduanya memang terbiasa beroperasi di kedua sisi sayap.

Selain itu keduanya juga sama-sama punya kecepatan dan dribel yang mumpuni, tak hanya untuk menusuk area pertahanan lawan dari sisi sayap penyerangan, tapi juga mengincar peluang mencetak gol.

Seandainya Shin Tae-yong memainkan formasi penyerangan dengan mengandalkan pemain sayap dan seorang striker, Timnas Indonesia punya banyak opsi, mulai dari Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, dan Kushedya Hari Yudo sebagai opsi untuk mengisi di sisi sayap.

Baca Juga :  Bupati Bandung Wajibkan Warganya Berbahasa Sunda Di Hari Rabu

Namun, dengan formasi 4-4-2, tampaknya bisa dipastikan Shin Tae-yong akan memainkan duet dua striker muda, Muhammad Rafli dan Saddam Emiruddin.

Muhammad Rafli, meski tidak tampil memperkuat Arema FC di Piala Menpora 2021, merupakan andalan Shin Tae-yong ketika menjalani laga uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United pada awal tahun. Sementara Saddam Gaffar mampu tampil luar biasa bersama PSS Sleman yang mampu melaju hingga semifinal Piala Menpora 2021.

Patut dinantikan bagaimana dua striker muda Timnas Indonesia itu bisa menjadi solusi untuk memecah kebuntuan, dibantu oleh para pemain berkualitas di belakang mereka.

Prakiraan susunan pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Afghanistan:

Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Argawinata (kiper), Koko Ari, Ryuji Utomo, Andy Setyo, Pratama Arhan (belakang), Ady Setiawan, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay (tengah), Muhammad Rafli, Saddam Gaffar (depan). @fen/sumber: bola.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Luar Biasa! Puluhan Siswa SMA N 1 Cileunyi Kabupaten Bandung Lolos SNMPTN 2021

Sel Mei 25 , 2021
Silahkan bagikanVISI NEWS – 24 siswa SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN 2021yang diumumkan Rabu (19/05/2021). Ini menempatkan SMA Negeri Cileunyi menjadi salah satu SMA favotrit di Kabupaten Bandung dengan kelulusan SNMPTN tertinggi. Kepala SMA Negeri 1 Cileunyi Doyo […]