Mayoritas Penduduk Muslim, Wapres Minta Ada Sertifikasi Halal Vaksin Covid-19

Editor :
Sampel vaksin Covid-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, Cina./xinhua/zhang yuwei

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta sertifikasi halal vaksin Covid-19 Sinovac yang kini tengah uji klinis fase tiga bisa keluar sebelum vaksin tersebut diedarkan.

Ma’ruf Amin berpendapat setifikasi halal vaksin penting mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

“Saya minta seperti yang diminta oleh Presiden, supaya lebih cepat (produksinya) karena situasi memang sangat membutuhkan,” tegas Ma’ruf Amin ketika menerima jajaran Direksi PT Bio Farma (Persero) secara virtual, Kamis (27/8), seperti dilansir Liputan6.com.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin juga meminta para pihak yang terkait dengan penerbitan sertifikasi halal vaksin Covid-19 proaktif saling berkoordinasi agar sertifikat halal bisa keluar sebelum vaksin diedarkan. Pihak-pihak tersebut seperti Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Komisi Fatwa MUI, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

“Saya minta LPPOM dan Komisi Fatwa MUI supaya ikut proaktif dan juga kepada Badan Penyelenggara Produk Halal, jangan menunggu bola. Untuk vaksin ini jangan menunggu, harus jemput bola,” pinta Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, sertifikasi halal vaksin Covid-19 sangat penting agar tidak terjadi penolakan vaksinasi dari masyarakat karena ragu akan kehalalannya.

“Ini jangan jadi masalah. Jangan terjadi seperti vaksin Measles Rubella (MR) itu yang kemudian targetnya tidak tercapai,” ujar Ma’ruf.

Wakil Presiden juga mengingatkan agar vaksin yang diproduksi dari luar negeri harus diperhatikan kehalalannya. Jangan sampai telah memesan dalam jumlah besar, namun bermasalah karena kehalalannya.

“Covid-19 ini adalah persoalan kehidupan bangsa kita, baik soal kesehatan, soal sosial, bahkan juga soal ekonomi. Kuncinya vaksin. Dan vaksin itu harus diback-up oleh sertfikat halal.” @fen

Baca Juga :  IPDN Berinisiatif Sosialisasikan Undang-Undang Cipta Kerja

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prakiraan Cuaca Kota Bandung dan Sekitarnya, Sabtu 29 Agustus 2020

Jum Agu 28 , 2020
Silahkan bagikanmoreVISI.NEWS – Prakiraan cuaca hari Sabtu, 29 Agustus 2020 yang disampaikan BMKG melalui bmkg.go.id untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Bandung Pagi hari: Secara umum cerah berawan Siang hari: Secara umum berawan Malam hari: Secara umum berawan Dini hari: Secara umum berawan Suhu udara : 19 – 30°C Kelembaban […]