Memulihkan Praktik Berkelanjutan, Inovasi Biogas Universitas Telkom untuk UMKM di Bandung

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Tim Teletubbies dari Universitas Telkom telah mengukir prestasi dengan proyek inovatif berjudul “UMKM Clean Power: Implementasi Biogas sebagai Energi Terbarukan untuk UMKM di Bandung.” Proyek ini menjadi bagian dari Voice of Youth Challenge 2023, yang diselenggarakan oleh Danone Aqua dan Universitas Indonesia dalam kategori Pengelolaan Sampah, menandakan langkah maju dalam teknologi berkelanjutan.

“Ini adalah langkah besar menuju praktik berkelanjutan. Teknologi Biogas kami menggunakan limbah organik dari UMKM di Bandung sebagai sumber energi alternatif melalui peluruhan anaerob oleh mikroorganisme,” ungkap Ghizka Marqyza Salsabillah Enzy, ketua tim Teletubbies kepada VISI.NEWS, Kamis (30/11/2023).

Tim ini, katanya, terdiri dari berbagai latar belakang keahlian, termasuk Abbas (Sarjana Administrasi Bisnis), Muhammad Fadhlan Al Fattah (Sarjana Desain Produk), Rizky Noor Kamal (Sarjana Teknik Industri), dan Chatelia Dyah Prameswari (Sarjana Informatika).

“Mereka telah menjalankan proyek ini sebagai bagian dari komitmen untuk menciptakan dampak positif di masyarakat, ” imbuhnya.

Berdasarkan penelitian Universitas Parahyangan, hanya 26% UMKM di Bandung yang memiliki program pengelolaan sampah. Tim Clean Power berfokus pada wawancara dengan praktisi UMKM, mengidentifikasi tantangan pengelolaan sampah yang dihadapi oleh mereka dan menyoroti kebutuhan mendesak akan program efektif.

Proyek Biogas ini diharapkan Ghizka dapat mengatasi penumpukan sampah organik dengan memberikan solusi serba guna. Ghizka menambahkan, “Kami berharap proyek ini tidak hanya memenuhi kebutuhan bahan bakar gas, tetapi juga memberikan pupuk untuk tanaman serta membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.”

Langkah awal proyek melibatkan peningkatan kesadaran dan pengaruh terhadap lingkungan sekitar, mengajak untuk mengubah sampah menjadi sumber energi yang berguna. Dengan harapan ini, tim Teletubbies ingin menciptakan masa depan berkelanjutan di mana Biogas menjadi landasan energi bersih dan praktik pengelolaan sampah di sektor UMKM di Bandung.

Baca Juga :  Registrasi ASEAN Business Awards 2023 Telah Dibuka: Membuktikan Kemajuan Ekonomi di ASEAN

@yuli dewiyanti

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bagaimana Peluang Warga Palestina untuk Kembali ke Rumah Mereka ?

Kam Nov 30 , 2023
Silahkan bagikan Selama periode tujuh minggu, militer Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza yang dulunya padat penduduk menjadi puing-puing.  Lebih dari 1 juta warga Palestina telah meninggalkan daerah kantong di utara, termasuk Kota Gaza, yang dianggap sebagai pusat perkotaan. VISI.NEWS | LONDON – Setelah jeda permusuhan yang tampaknya berhasil, […]