Mengenal Lebih Dekat Monumen Bandung Lautan Api

Editor Monumen Bandung Lautan Api yang berada di Lapangan Tegallega, Bandung./visi.news/humas bandung
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Proses perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia amatlah panjang. Segala bentuk perjuangan mulai dari pertempuran, penyerbuan markas-markas musuh, pelucutan senjata hingga jalur diplomasi damai pun telah dikerahkan mati-matian oleh para pahlawan.

Demi kepentingan bangsa, nyawa dan segala bentuk pengorbanan pun rela diberikan oleh mereka secara cuma-cuma, tanpa pamrih. Tak terlupakan dalam memori pedih bangsa, peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) menjadi cermin bentuk perjuangan sesungguhnya rakyat Indonesia.

Dari peristiwa ini terbukti jelas bahwa perjuangan perebutan dan pemertahanan kemerdekaan RI tak hanya dilakukan oleh para tentara dan barisan bersenjata. Rakyat turut aktif secara langsung dalam upaya perjuangan.

Rakyat sangat paham bahwa perdamaian takkan dapat diraih tanpa adanya persatuan dan pengorbanan yang utuh. Untuk memperingati dan menjaga semangat persatuan, maka dibangunlah Monumen Bandung Lautan Api yang berada di Lapangan Tegallega.

Monumen ini dirancang oleh Sunaryo, seniman kontemporer sekaligus mantan dosen seni rupa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia memenangkan sayembara untuk merancang monumen Bandung Lautan Api pada tahun 1984.

Monumen Bandung Lautan Api memiliki ketinggian 45 meter dengan sisi sebanyak sembilan bidang. Di puncaknya dibuat bara api berwarna kuning keemasan layaknya api yang menyala.

Menurut Kepala UPT Taman Tegalega Bandung, Oding Mulyana, saat ini kondisi eksisting Taman Tegallega masih aman. “Kondisi eksisting aman. Jika ada sedikit kerusakan, kita perbaiki,”tuturnya kepada tim Humas Kota Bandung.

Sampai saat ini Taman Tegallega masih ditutup. Selama penutupan dilakukan, pihak pengelola sekaligus melakukan pemeliharaan beberapa fasilitas publik yang mengalami kerusakan.@mpa

Baca Juga :  Prediksi, Jadwal, dan Klasesemen BRI Liga 1 2021/2022: Berbekal Motivasi Tinggi, Mampukah Persipura Kalahkan Bhayangkara?

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dadang Supriatna - Sahrul Gunawan Resmi Jadi Bupati/Wakil Bupati Bandung Terpilih

Sab Mar 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – KPU Kabupaten Bandung secara resmi mengumumkan pasangan calon nomor 3 Pilkada Kabupaten Bandung, HM Dadang Supriatna – Sahrul Gunawan (Bedas), menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bandung terpilih, pasca putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PHP.BUP-XIX/2021, pada 18 Maret lalu. Pengumuman disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih, hasil […]