Pemkab Bandung bisa Meningkatkan Kinerja untuk Lebih Baik

Cecep Suhendar/visi.news/qia
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS — Ketua Pansus 1 Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bandung tahun anggaran 2019, H. Cecep Suhendar, berharap, rapat Paripurna bisa meningkatkan kinerja ASN/OPD untuk lebih baik lagi.

LKPJ itu menurut dia, sesuai dengan ketentuan pasal 69 ayat (1) dan pasal 71 ayat (2) Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kepala Daerah wajib menyampaikan LKPJ yang dilakukan satu kali dalam setahun.

Cecep menjelaskan, acuan dari hal itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan DPRD melakukan pembahasan LKPJ dengan memperhatikan capaian kinerja program dan kegiatan, serta pelaksanaan Perda dan/atau Perbup dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah yang digunakan DPRD untuk menyusun rekomendasi.

“Ruang lingkup LKPJ meliputi urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, yang terdiri dari urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non pelayanan dasar, urusan pilihan, penunjang urusan pemerintahan umum, pendukung urusan pemerintahan umum dan pemerintahan umum, dan pemerintahan umum kewilayahan serta pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan,” katanya usai sidang Paripurna LKPJ, Kamis (28/5/2020).

Sementara DPRD, lanjut dia, menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan daerah atas prestasi yang telah dicapai, antara lain pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Jawa Barat sebanyak tiga kali berturut-turut, adanya peningkatan Nilai AKIP di setiap perangkat daerah dari nilai tahun 2018, pencapaian pendapatan yang melebihi target, dan diperolehnya beberapa penghargaan baik dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Namun demikian, tambahnya, masih ada beberapa permasalahan di beberapa perangkat daerah seperti pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan, masih kurang baiknya penyusunan/perencanaan target kinerja dan anggaran pada beberapa perangkat daerah, kualitas dan kuantitas SDM, sarana dan prasarana belum merata dan masih kurang memadai, masih banyak potensi peningkatan PAD yang masih belum tergali, dan penegakan Perda perlu dimaksimalkan.

“Berdasarkan hasil pembahasan DPRD, mrnyampaikan rekomendasi yang dipergunakan oleh Bupati Bandung sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya, penyusunan anggaran berjalan dan tahun berikutnya, serta penyusunan Perda, Perbup atau kebijakan strategis lainnya,” ujarnya. @qia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Corona 28 Mei: 24.538 Positif, 6.240 Sembuh

Kam Mei 28 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Jumlah kasus positif Covid-19 hingga Kamis (28/5) sore, mencapai 24.538 kasus. Sebanyak 6.240 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 1.496 orang meninggal dunia. Juru Bicara Khusus Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut kasus positif bertambah 686 kasus dari hari sebelumnya. “Kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini 687 kasus sehingga totalnya 24.538 […]