Pemkab Bandung Tingkatkan Kapasitas Pekerja Pasang Batu dan Keramik

Editor Bupati Bandung Dadang Supriatna secara simbolis memakaikan pelindung kepala pada salah seorang pekerja. /visi.news/ist
Silahkan bagikan
  • Bupati Dadang Supriatna,”Pekerja lokal jangan hanya jadi penonton persaingan global”

VISI.NEWS – Pemkab Bandung terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat. Kali ini melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), sebanyak 100 pekerja pasang batu dan keramik berkesempatan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) untuk memperoleh sertifikat kompetensi.

Bupati Bandung Dadang Supriatna ingin, agar kegiatan serupa terus dilakukan. Peningkatan kapasitas ini diperlukan agar pengusaha jasa konstruksi tidak lagi kesulitan, terutama saat membutuhkan tenaga terampil lokal yang berkualitas dan bersertifikasi.

Ia pun meminta DPUTR untuk mendata masyarakat Kabupaten Bandung yang potensial, baik dalam pengerjaan pasang batu dan keramik khususnya, maupun dalam keterampilan bidang konstruksi lainnya.

“Saya minta Pak Kadis (Kepala Dinas) mendata berapa sebenarnya jumlah potensi masyarakat kita yang menjadi tenaga kerja baik pasangan keramik, batu mason atau konstruksi lainnya, termasuk bidang konstruksi jalan atau infrastruktur, juga furniture ini juga perlu disikapi. Ke depan jangan hanya 100 orang, tapi silakan sebanyaknya disesuaikan dengan anggaran,” imbuh Bupati Dadang Supriatna didampingi Kepala DPUTR Agus Nuria, di sela acara Pembukaan Bimtek Tukang Pasang Batu dan Keramik di Grand Sunshine Hotel and Convention Soreang, Selasa (15/6/2021).

Pria yang akrab disapa Kang DS ini mengingatkan, mau tidak mau saat ini dunia sudah memasuki persaingan global. Bimtek serupa merupakan rangkaian upaya mempersiapkan masyarakat, agar tidak hanya menjadi penonton di masa yang akan akan datang.

“Pekerja pasang batu mason dan keramik, ini tidak bisa memanfaatkan robot. Memerlukan keahlian dan keterampilan tangan. Kalau kita tidak berupaya meningkatkan keterampilan pekerja lokal kita, dikhawatirkan nanti akan ketinggalan dalam persaingan dengan tenaga kerja asing,” pungkas Kang DS.@alfa

Baca Juga :  Gus Mus Menegaskan Politik NU Itu Politik Tingkat Tinggi

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TAUSIAH: Bahaya Gibah Termasuk di Medsos Bikin Bangkrut di Akhirat

Rab Jun 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gibah heboh di jagat maya atas sikap istri yang membuka aib suaminya di media sosial atau medsos. Semua “jeroan” kesalahan suaminya dibuka tuntas hanya karena ingin bercerai. Ada lagi anak dai kondang mengulitinya sikap buruk ayahnya di media sosial. Apakah sudah serendah sikap seorang muslim terhadap orang yang seharusnya […]