Pemkot Bandung Malam Ini Uji Coba Lengkong Kecil Culinary Night untuk Penataan Kawasan Kuliner

Editor Lengkong Kecil Culinary Night. /visi.news/diskominfo
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menguji coba kawasan Jalan Lengkong Kecil sebagai area kuliner malam hari dengan tema “Lengkong Kecil Culinary Night”. Uji coba ini dijadwalkan dimulai pada Sabtu, 8 Juni 2024, pukul 18.00 hingga 23.59 WIB. Inisiatif ini diharapkan akan berlangsung setiap akhir pekan dan hari libur nasional sebagai bagian dari upaya Pemkot Bandung menata kawasan Jalan Lengkong Kecil.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah, dalam Rapat Koordinasi Penataan PKL Kawasan Lengkong Kecil pada Jumat, 7 Juni 2024, menjelaskan berbagai persiapan yang dilakukan untuk memastikan kelancaran uji coba ini.

Rekayasa Jalan

Selama berlangsungnya Lengkong Culinary Night, akan diberlakukan rekayasa jalan di sepanjang Jalan Lengkong Kecil. Kendaraan akan diarahkan satu arah dari Jalan Lengkong Besar menuju Jalan Karapitan. Diskop UMKM telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polrestabes Bandung mengenai rekayasa jalan yang akan diterapkan.

“Selama penerapan Lengkong Culinary Night saja. Di luar itu, arus lalu lintas berjalan normal seperti biasa,” jelas Dodi.

Regulasi Operasional

Dalam rangka menegakkan regulasi operasional, Diskop UMKM telah berkoordinasi dengan beberapa OPD. Tenda PKL yang biasanya menghadap ke jalan akan diputar menghadap trotoar, yang akan difungsikan sebagai area pedestrian. Water barrier akan diganti dengan traffic cone untuk memisahkan jalan dengan tenda PKL. Selain itu, pengunjung tidak diperbolehkan membeli makanan atau minuman dari kendaraan. Pemkot juga berkoordinasi untuk menyediakan kantong parkir tambahan bagi pengunjung.

Pengelolaan Sampah

Diskop UMKM bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung dan masyarakat setempat untuk mengelola sampah selama acara. Setiap PKL yang berjualan wajib memisahkan sampah dan menyerahkan sampah organik untuk diolah oleh pengurus kewilayahan.

Baca Juga :  Hindari Mengolah Daging Kurban Jadi Satai, Ini Alasannya

Aspek Kenyamanan dan Ketertiban

Kolaborasi antara Diskop UMKM dengan Dinas Sosial (Dinsos), Diskar PB Kota Bandung, DSDABM Kota Bandung, serta DPKP Kota Bandung akan memastikan aspek keamanan dan ketertiban. Pada hari Sabtu, kawasan trotoar akan dibersihkan bekerja sama dengan Diskar PB dan DSDABM. DPKP akan membantu menata kembali pohon-pohon di trotoar. Dinsos akan membantu menertibkan PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di kawasan ini.

Instruksi Wali Kota

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menekankan pentingnya dialog dengan masyarakat setempat dalam uji coba ini. Ia menginstruksikan agar seluruh pihak yang terlibat memahami dan mengikuti regulasi yang ada, sehingga tujuan Lengkong Culinary Night sebagai upaya penataan PKL tidak menimbulkan potensi negatif.

“Community based menjadi penting. Libatkan peran warga/masyarakat. Komunikasi dengan mereka ini penting. Supaya rasa memilikinya juga lebih merata. Ini harus bersama-sama,” kata Bambang.

Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota Bandung memfasilitasi Jalan Lengkong Kecil untuk menjadi area culinary night sebagai rencana bersama yang harus mematuhi aturan yang ada.

Dengan persiapan yang matang dan kolaborasi berbagai pihak, Lengkong Kecil Culinary Night diharapkan dapat menjadi ikon baru kuliner malam di Kota Bandung, sekaligus menata dan meningkatkan kenyamanan kawasan tersebut.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polisi Tangkap Pelaku Pencuri Motor Vina

Sab Jun 8 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Asril Septian (23), asal Jalan Kunti, Surabaya, diringkus Unit Reskrim Polsek Sukolilo, pada Jumat (7/6/2024) malam, atas aksi pencurian motor milik Vina (20), mahasiswi ITS, di Parkiran Cafe Cip-Cip, Jalan Arif Rahman Hakim, beberapa waktu lalu. Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Ipda Aan Dwi Satrio Yudho […]