Peringatan BMKG: Semua Provinsi Pulau Jawa Siaga Banjir

Editor :
BMKG memprediksi bakal terjadi hujan lebat sehingga seluruh provinsi di Pulau Jawa berstatus siaga banjir./cnn indonesia/andry novelino.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di Pulau Jawa. Seluruh provinsi di Pulau Jawa berstatus siaga banjir akibat hujan lebat yang diprediksi terjadi.

Peringatan dini ini berlaku mulai Kamis (18/2/2021) hingga Jumat (19/2/2021).

“Potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” demikian informasi resmi BMKG, Rabu (17/2/2021).

Potensi hujan lebat yang diprediksi BMKG di sejumlah wilayah di Pulau Jawa merupakan kategori 6. Di Jawa Barat misalnya, hujan lebat kategori 6 berpotensi terjadi di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, dan Kota Depok.

Di Banten, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan juga berpotensi diguyur hujan lebat kategori 6.

Kemudian di Jakarta, kelima wilayah kota administrasi Jakarta berpotensi terjadi hujan lebat kategori 6 dengan banjir sebagai salah satu dampaknya.

Berikutnya, 9 kota Jawa Tengah, yakni Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kota Pekalongan, Kota Semarang, Temanggung, Semarang, dan Demak juga berpotensi terjadi hujan lebat dengan dampak banjir.

Sedangkan, 4 kota di Yogyakarta; Gunungkidul, Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta hanya berpotensi hujan lebat kategori 4.

Selanjutnya, sebanyak 8 kota di Jawa Timur berpotensi hujan lebat dengan dampak banjir. Sebanyak 8 kota itu di antaranya Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, Ponorogo, Trenggalek, dan Pacitan.

Selain enam provinsi di Pulau Jawa, BMKG juga menyatakan 16 provinsi lainnya berstatus waspada banjir. Berikut 22 provinsi yang berstatus siaga dan waspada banjir.

1. Banten (siaga)
2. DKI Jakarta (siaga)
3. Jawa Barat (siaga)
4. Jawa Tengah (siaga)
5. D.I. Yogyakarta (siaga)
6. Jawa Timur (siaga)
7. Jambi (waspada)
8. Bengkulu (waspada)
9. Sumatra Selatan (waspada)
10. Lampung (waspada)
11. Bali (waspada)
12. Nusa Tenggara Barat (waspada)
13. Kalimantan Barat (waspada)
14. Kalimantan Tengah (waspada)
15. Kalimantan Timur (waspada)
16. Kalimantan Selatan (waspada)
17. Sulawesi Utara (waspada)
18. Gorontalo (waspada)
19. Sulawesi Tengah (waspada)
20. Sulawesi Selatan (waspada)
21. Sulawesi Tenggara (waspada)
22. Papua (waspada). @fen

Baca Juga :  Kader PDIP Surabaya Konvoi, Bawaslu Sebut Bukan Pelanggaran

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kematiannya Mencurigakan, Makam Dina Yuniasari Warga Cinunuk Dibongkar

Kam Feb 18 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Makam Dina Yuniasari (27) warga Kampung Sukamulya, RT 01/RW 13 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung akan dibongkar. Pembongkaran makam Dina yang dimakamkan 2 pekan lalu di pemakaman tanah wakaf Warga RW 13 Kampung Sukamulya, belakang Komplek Griya Bukit Manglayang RW 21 Desa Cinunuk tersebut karena kematiannya […]