PT KPN Cetak Sejarah, Akad Perdana dengan Bank BSI Syariah

Editor :
Dirut PT KPN, Hadiana (kanan) berfoto bersama presiden Joko Widodo, belum lama ini. PT KPN merupakan salah satu developer yang ikut mensukseskan program pemerintah RI, membangun satu juta rumah./visi.news/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Berawal dari kesuksesan membangun perumahan yang ada di Bandung dan Bogor, PT Kreasi Prima Nusantara (KPN) kembali cetak sejarah, Sabtu (20/3/2021).

Hal itu terungkap dalam acara spesial bertajuk “Akad Perdana Pesona Prima Cikahuripan, PT Kreasi Prima Nusantara dan Bank Syariah Indonesia”.

Penandatanganan dilakukan, Sabtu 20 Maret 2021 dengan melaksanakan Perjanjian Kerja Sama penyaluran KPR dengan lembaga penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dimana tanggal tersebut, sudah menyalurkannya di perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6 di Jl Raya Cikahuripan, kecamatan Klapanunggal, kabupaten Bogor.

Pada kesempatan perdana ini yang mengakadkan adalah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bekasi 2 (Sebelum merger merupakan Kantor Cabang Bank BNI Syariah). Akad dilakukan secara murabahah.

Bahaudin, Branc Manager, PT Bank Syariah Indonesia, kantor cabang Bekasi 2, mengatakan, akad tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, di komplek perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6, desa Cikahuripan kecamatan Klapanunggal, Bogor Sabtu, (20/3/2021).

“Jadi mekanismenya, developer, PT Kreasi Prima Nusantara, menjual rumah ke Bank Syariah Indonesia. Kemudian Bank Syariah Indonesia menjualnya ke konsumen yang dibayar dengan cara mengangsur,”terang Bahaudin, kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Dijelaskannya, jumlah rumah yang ditransaksikan ada 75 unit senilai Rp12,59 miliar. Seluruhnya tipe 30/60 (dua kamar tidur). Sesuai konsep syariah, semua rumah yang diakadkan dalam kondisi siap huni, dan legalitasnya lengkap (sertifikat dan IMB sudah dipecah).
*Dan konsumen nantinya akan memperoleh Sertifikat sampai SHM*

Dijelaskannya, sebelum merger bank Syariah, pihaknya sudah mengakadkan 191 rumah di perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6, Klapanunggal, Bogor.

“Jadi kalau ditambah akad hari ini total kami sudah mengakadkan 266 unit di sini, dan dalam waktu dekat akan mengakadkan lagi sekitar 50 unit,” katanya.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud  Wasathiyah? (5)

Sementara itu bank BTN Syariah juga melaksanakan akad yang sama. Sebanyak 11 unit akad dilakukan pihak BTN Syariah bersama nasabahnya, Sabtu (20/3/2021).

Hal itu diakui Siti Suparyanti, Sub Branc Head, kantor cabang pembantu Syariah Cikarang.

“Sebagaimana disampaikan sebelumnya, bahwa kami telah melaksanakan akad sebelumnya antara Pesona Prima Cikahuripan 6 dalam hal ini PT Kreasi Prima Nusantara dan Bank BTN Syariah. Namun akad hari ini, hanya dilakukan sebanyak 11 unit. Ini adalah akad yang ke 10 PT KPN dengan kami,” kata Yanti.

Hadiana, Direktur utama PT Kreasi Prima Nusantara, perusahannya mencetak sejarah karena baru saja bank syariah merger, pihaknya sudah melaksanakan akad, jual beli rumah dengan Bank Syariah Indonesia. Ini adalah yang pertama di Indonesia.

Hadiana menjelaskan jumlah rumah di Pesona Prima Cikahuripan 6 di atas lahan 8 hektar itu sebanyak 737 unit rumah. Dibangun pada bukan Februari tahun 2020 dan selesai seluruhnya pada bulan September 2020.

“Saat pertama pembangunan, pandemi Covid 19 pertama kali masuk ke Indonesia. Kami berpikir, pandemi Corona ini harus dilawan. Dan kami tidak berhenti melaksanakan pembangunan perumahan ini. Sehingga kami bisa melaksanakan akad pada hari Sabtu, 20 Maret. Dan ini sejarah bagi kami pasca merger tiga bank syariah menjadi satu yaitu BSI,” tandas Hadiana.

Dia mengaku dari jumlah unit rumah sebanyak 737 itu sebanyak 40 rumah digunakan developer. Masing-masing untuk rumah dinas karyawan dan sekolah TK.

“Jadi yang kami pasarkan di perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6 ini, sebanyak 697 rumah,” tambahnya.

Sejauh ini pihaknya sudah menjual 550 unit. Adapun rinciannya sebanyak 284 unit melalui Bank BTN Syariah dan 266 unit melalui Bank Syariah Indonesia. Sementara yang menunggu akad serupa, masih ada sebanyak 95 konsumen.

Baca Juga :  Pemerintah Putuskan Liburan Akhir Tahun Berlangsung 11 Hari

“Seandainya tidak ada pandemi Covid-19, perumahan kami sudah sold out. Karena saat itu jumlah pemesan ke perumahan kami, ada sekitar 900 orang. Namun di tengah perjalanan, banyak yang mengundurkan diri sekitar 350 orang, karena penghasilannya terimbas pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Sejumlah Perumahan yang telah sukses dibangun PT Kreasi Prima Nusantara (KPN) adalah :
1. Pesona Prima Kranggan (Bogor)
2. Pesona Prima Pataruman 1 (KBB)
3. Pesona Prima Pataruman 2 (KBB)
4. Pesona Prima Citapen (KBB)
5. Pesona Prima Cikahuripan 5 (Bogor) dan
6.Pesona Prima Cikahuripan 6 (Bogor).

*Dan insha Allah PT. KPN dalam waktu dekat ini akan membangun kembali di daerah Bandung sekaligus dua proyek yaitu PESONA PRIMA 7 RAJAMANDALA KBB dan PESONA PRIMA 8 BANJARAN KAB. BANDUNG.*

Berikut sejumlah penghargaan yang diterima PT Kreasi Prima Nusantara dari tahun ke tahun.

TAHUN 2018
1. Housing Estate Awards
The Most Favoured Affrodable Class Small Scale

2. BTN SYARIAH
Developer KPR Syariah Terbaik

TAHUN 2019

1. GOLDEN PROPERTY AWARDS
Best Low-Cost Housing Development

TAHUN 2020

1. HOUSING ESTATE AWARDS

The Best Syariah Affrodable Housing

2.INDONESIA CONSUMER PROTECTIONS AWARDS
Silver Kategori Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). @pih

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dadang Supriatna Siap Fasilitasi Investasi ke Kabupaten Bandung

Sen Mar 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna menyatakan pihaknya siap memfasilitasi investasi yang masuk ke Kabupaten Bandung. Bupati Bandung terpilih mengucapkan terima kasih kepada pengembang Buana Kassiti yang telah membangun Masjid Kassiti dan komplek perumahan di Perumahan Buana Cicalengka Raya, Desa Narawita, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. “Saya ucapkan […]