PVMBG Nyatakan Suara Dentuman di Bandung Bukan karena Vulkanik

Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan suara dentuman misterius yang terdengar di wilayah Bandung Raya bukan karena adanya aktivitas vulkanik.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan tanda-tanda erupsi dari sejumlah pos-pos gunung api di wilayah Bandung.
 
“Di sekitar Kota Bandung tidak ada laporan erupsi, jadi sumber dentuman bukan berasal dari erupsi gunung api,” kata Hendra, Kamis (21/5), seperti dilansir Antara.

Menurutnya, aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi. Sehingga, kata dia, tidak ada aktivitas vulkanik lainnya yang diduga bisa menyebabkan suara dentuman misterius itu.

 “Kalau dari aktivitas vulkanik biasanya berkaitan dengan erupsi, hanya gunung gunung di sekitar Bandung tidak ada yang erupsi,” katanya.

Sebelumnya, masyarakat di wilayah Bandung Raya menyebut mendengar suara dentuman misterius yang berlangsung beberapa kali pada Kamis (21/5) pagi.

Seorang warga, Akbar mengatakan suara dentuman itu juga sempat terdengar beberapa kali di wilayah selatan Kota Bandung berdasarkan informasi yang dia terima.

“Sempat kedengaran di wilayah Mohamad Toha, Buahbatu, Astanaanyar, Kopo juga,” kata Akbar di Bandung.

Selain Akbar, suara dentuman itu juga terdengar oleh Rahmat yang merupakan warga Cibiru, Bandung. Ia hanya mengira suara itu berasal dari PT Pindad sebagai produsen senjata.

“Udah beberapa kali ini, dari Pindad mungkin suaranya, lumayan terdengar dari tadi,” kata Rahmat.
 
Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan pihaknya masih memerlukan analisis untuk mengetahui sumber suara dentuman tersebut.

“Perlu dianalisa penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir,” kata Tony.

Dia memastikan, Kamis ini sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB tidak ada kejadian gempa. Kemudian ia menyampaikan di wilayah Bandung cuacanya bakal cerah berawan.

“Tidak ada juga kejadian suara petir mulai dari 08.30 WIB sampai 10.00 WIB,” katanya.
@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pansus Covid-19 Gagal Terbentuk, Ada apa ni?

Kam Mei 21 , 2020
Jangan Lupa Bagikan VISI.NEWS – Sebelumnya 29 anggota DPRD Kabupten Bandung menyetujui pembentukkan Pansus Covid-19 untuk mengawasi dan mendampingi penyelenggaraan percepatan penanggulangan penyebaran Wabah Corona. Sewaktu penandatanganan pembentukan Pansus Gugus Tugas Covid-19, terkumpul 29 tanda tangan menyetujui pembentukan pansus itu. Lalu, Rabu (20/5/2020), terjadi “Aborsi”. Pembentukan Pansus dinyatakan batal. Artinya, […]
Toni Permana SH/VISI.NEWS/qia