Rubby Minta Ketua Apdesi Terpilih Harus Mampu Merangkul Semua Pihak

Editor :
Kepala Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, H. Rubby Nur Habibi./visi.news/istimewa

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Musyawarah Daerah (Musda) Pemilihan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung Periode 2021-2026 sudah ada di depan mata. Besar harapan agar nantinya Ketua terpilih bisa merangkul semua pihak demi kemajuan Desa.

Hal tersebut disampaikan H. Rubby Nur Habibi selaku Kepala Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Menurut Rubby, Ketua terpilih nanti bisa menjalin kemitraan dengan Pemerintah dan lembaga-lembaga non Pemerintah, di antaranya perusahaan swasta, CSR, dan BUMD.

Rubby menambahkan, apabila Pemerintah Desa (Pemdes) menghadapi persoalan hukum, Ketua terpilih diharapkan mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dalam melakukan pendampingan hukum.

“Ketua Apdesi harus bisa memfasilitasi, membantu mendampingi Kepala Desa atau Staf Desa jika tersandung persoalan hukum,” jelas Rubby kepada VISI.NEWS, di ruang kerjanya di Kantor Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa (5/1/2021) siang.

Rubby, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi Apdesi Jawa Barat, mengatakan, Ketua terpilih juga harus bisa mendorong pembangunan Desa. Salah satu caranya adalah dengan mendongkrak anggaran kepada Dinas terkait untuk pembangunan Desa guna kesejahteraan masyarakat.

“Pada intinya, Apdesi harus bersinergi dengan Pemdes dan berbagai pihak. Tidak hanya itu, juga harus bersinergi dengan media, Ormas dan LSM,” harapnya.

Menurut Rubby, peranan media saat ini sangat dibutuhkan. Selain untuk membantu pemberitaan, media berperan penting dalam menyampaikan informasi, baik bagi Pemdes maupun masyarakat.

“Media bisa menyampaikan info-info dari Dinas terkait yang nantinya diterima Pemdes serta nantinya dapat memberdayakan masyarakat pedesaan dan bisa mencerdaskan masyarakat pedesaan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, Ketua Apdesi nantinya juga harus bisa memperkuat posisi dan eksistensi Desa sebagai pondasi Pemerintahan di Indonesia. “Tentunya juga, harus bisa bersinergi dengan Bupati Bandung terpilih dan mendorong program Visi dan Misi Bupati terpilih,” pungkasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polemik PTM dan PJJ, Kepala Daerah Harus Fast Response

Sel Jan 5 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Masih belum adanya keputusan mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di semester genap 2020-2021, disikapi Penggiat Pendidikan Jawa Barat, Asep B. Kurnia. Menurut Aa Maung, sapaan akrabnya, pihaknya akan terus memberikan masukan dan meminta Kepala Daerah untuk dapat memutuskan secepatnya terkait PTM dan […]