Sambut HUT TNI ke-76, Kodim 0619/PWK Bersama Forkopimda Laksanakan Ziarah Nasional

Editor Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika ziarah pada rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-76 Tahun 2021, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirnaraga, Purwakarta, Senin (4/10/2021). /deni ramdani
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PURWAKARTA – Para penerus bangsa yang hari ini mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur harus memancang tekad untuk meneruskan perjuangan mereka dalam perjuangan yang lainnya, seperti perjuangan dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika disela Upacara Ziarah Nasional pada rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-76 Tahun 2021, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirnaraga, Purwakarta, Senin (4/10/2021).

Menurut Ambu Anne, kegiatan upacara ziarah dan tabur bunga di TMP Sirnaraga Purwakarta merupakan agenda rutin setiap tahun, yang dilaksanakan untuk mengenang, menghormati, serta menauladani jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini juga masih dalam rangkaian menyambut HUT ke-76 TNI tahun 2021.

“Dalam rangka HUT ke-76 TNI dilaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di TMP Sirnaraga Purwakarta, untuk menghormati jasa para pahlawan khususnya di wilayah Purwakarta, semangat para pahlawan ini harus selalu ada pada dalam diri kita khususnya generasi muda di Kabupaten Purwakarta,” ujar Ambu Anne.

Kata dia, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus agar dapat mencontoh semangat juang, cinta, tanah air, pantang menyerah dari para pendahulu kita untuk meneruskan perjuangan mempertahankan NKRI tercinta. “Acara puncak HUT TNI ke-76, besok di pendopo,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengungkapkan, ziarah nasional di makam pahlawan ini memiliki makna yang penting dan lebih jauh lagi, ziarah untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan. “Tapi dalam kontek ziarah makam punya makna yang lebih jauh, yaitu untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negeri ini dari penjajahan,” kata Ambu Anne.

Baca Juga :  Tatkala Nabi Adam Lupa Umurnya Telah Habis

Dengan demikian, lanjutnya, sebagai generasi penerus ikut merasakan bagian dari anak bangsa yang harus turut berjuang untuk kemerdekaan ini dengan membangun negeri ini menjadi lebih baik. Ambu Anne juga berharap, generasi penerus bangsa agar terus mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Sementara, Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan mengatakan, acara tabur bunga ini dalam peringatan HUT TNI Ke-76, ini dilaksanakan setiap tahun untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya yang ada di Purwakarta, tadi berdoa bersama-sama Forkopimda dan unsur TNI-POLRI, serta rekan-rekan yang lain yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Dalam upacara tersebut, Dandim bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Nampak hadir, Kapolres Purwakarta, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, unsur Kejaksaan Purwakarta, unsur Kepala OPD Purwakarta, dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat.

Letkol Arm Krisrantau Hermawan menjelaskan, bahwa ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian HUT ke-76 TNI. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali atas jasa-jasa pahlawan, sehingga dapat menjadi motivasi bagi prajurit untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas,” ungkap Perwira TNI AD yang akrab disapa Kris itu.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk penghormatan TNI-Polri kepada pahlawan yang telah gugur. “Kegiatan ziarah seperti ini selain sebagai penghormatan juga untuk mengenang jasa arwah para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan. Juga dapat membangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan terdahulu yang diaplikasikan pada pelaksanaan tugas anggota TNI-Polri,” pungkas, Letkol Kris. @der

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembuat Kartun Nabi Muhammad Asal Swedia Tewas Kecelakan Lalu Lintas

Sen Okt 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SWEDIA – Seorang kartunis Swedia Lars Vilks yang terkenal dengan karya kontroversialnya membuat kartun Nabi Muhammad pada tubuh anjing meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada Minggu, 3 Oktober 2021. Lars Vilks yang berusia 75 tahun menumpang kendaraan polisi sipil bertabrakan dengan sebuah truk di dekat kota Markaryd […]