Seminar Sirkuler Ekonomi Sampah, Limbah dan Biomassa akan Digelar di Bandung

Editor Instalasi biogas di Kencana Online. /visi.news/kencana online
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah, limbah dan biomassa. Ekonomi sirkular adalah model ekonomi yang berusaha mempertahankan nilai produk, bahan baku, dan sumber daya semaksimal mungkin dengan mengurangi produksi limbah dan penggunaan sumber daya primer.

Salah satu peluang ekonomi sirkular adalah pemanfaatan sampah, limbah dan biomassa menjadi energi hijau dan pupuk ramah lingkungan. Selain dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, hal ini juga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi pelaku usaha dan pemilik masalah sampah-limbah dan biomassa dari perdagangan karbon.

Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang ekonomi sirkular, Asosiasi Konsultan Non-Konstruksi Indonesia (Askkindo) dan Pokja Pangan-Energi Kadin akan menyelenggarakan seminar dengan tema “Sirkuler Ekonomi Kelola Sampah, Limbah-Biomassa” pada Selasa, 27 Februari 2024 pukul 09.00 WIB.

Ilustrasi. /visi.news/kencana online

Seminar ini akan menghadirkan dua narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu T.P Aldjono, ST,M.Si, Asosiasi Perdagangan Karbon (IDCTA)/Climate Change Expert, dan Ir Sonson Garsoni, Ketua Umum Askkindo dan founder PT Cipta Visi Sinar Kencana-KencanaOnline.

T.P Aldjono akan menjelaskan tentang tata cara penerbitan dan akses sertifikasi karbon (carbon credit) sebagai tambahan pendapatan bagi tiap penangkapan karbon (carbon capture) dari pengelolaan sampah, limbah dan biomassa.

Ir Sonson Garsoni akan menguraikan tentang teknik teknologis dan keekonomian produksi energi hijau (terbarukan) dan pupuk ramah lingkungan dari pengelolaan sampah, limbah dan biomassa. Ia juga akan memperlihatkan secara langsung (live) pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) dan teknik modern-cepat produksi pupuk organik yang telah dibangunnya di beberapa tempat.

Seminar ini akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu luring di KencanaOnline Jl Raya Banjaran No 390 KM 13 Bandung dan daring melalui Zoom. Seminar ini penting diikuti oleh para peminat usaha jasa pengelolaan sampah, produsen pupuk (organik), perusahaan pembangkitan energi (listrik), pengelola biomassa (perkebunan, pertanian, peternakan), lembaga pembiayaan/perbankan, pengelola kawasan industri, konsultan perencana sanitasi lingkungan serta berbagai pihak yang berkaitan dengan pengelolaan biomassa, limbah dan sampah umumnya.

Baca Juga :  EcoFlow Meluncurkan DELTA Max, Sumber Listrik Darurat yang Sanggup Memenuhi Kebutuhan Energi Listrik di Rumah Selama Dua Hari

Pendaftaran peserta

Peserta luring (offline) di Bandung biaya pendaftaran Rp 250.000 dengan fasilitas yang disediakan makan siang, 2 x Snack, materi kit, sertifikat, souvenir aktivator biogas/ kompos, demo biogas/ kompos, Pil Sacha Inchi, voucher Rp 50.000 belanja di https://www.tokopedia/kencana cvsk

Sedangkan yang daring ( zoom online), fasilitas yang disediakan sertifikat, materi seminar dan voucher Rp 50.000 belanja di https://www.tokopedia/kencana cvsk

Daring (free) tanpa sertifikat dan bahan seminar (pendaftar pada kelas free baru akan di proses/setujui dari waiting room ketika masih ada slot (sisa) dari peserta berbayar.

Isikan data anda pada form dengan klik https://s.id/biomassa.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Real Count Dapil 4 Kab. Bandung, Linda dan Dilar Jauh Meninggalkan Politisi Seniornya Cecep Suhendar

Sel Feb 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | RANCAEKEK – Hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Selasa, 20 Februari 2024, menunjukkan bahwa dua caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar unggul di daerah pemilihan (dapil) 4 Kabupaten Bandung. Mereka adalah Linda Herlina, S.A.P. dari PKB dan Dilar Rinaldi, S.Psi., nomor urut […]