TIPS: Cara Mengamankan Video dan Foto Pribadi di Galeri Ponsel

Editor :
Ilustrasi-handphone./istimewa

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Baru-baru ini viral beredar video mirip artis hingga oknum tenaga kesehatan di media sosial. Meski belum terbukti kebenarannya, namun privasi seseorang perlu diamankan.

Setiap orang tentu memiliki dokumen pribadinya baik berbentuk foto, video, maupun file dokumen.

Supaya tidak terjadi kebocoran data pribadi Anda, berikut 5 tips untuk mengatasinya mengutip tribunnews.com dari kompas.com dan TribunNetwork.

1. Membuat folder tersembunyi

Buat folder tersembunyi dengan nama apa pun tapi diawali dengan tanda (titik). Misalkan “.folderpribadi” atau “.rahasia”. Folder bisa dibuat melalui aplikasi explorer, atau file manager.

Cara ini pada dasarnya memberikan perintah kepada android untuk melupakan folder ini dan melarang sistem android membaca isinya.

Hanya sistem aplikasi atau aplikasi pengelola file tertentu saja yang mampu membacanya.

Artinya, folder dan file yang ada di dalamnya tak akan muncul di galeri, di aplikasi pemutar musik atau video, dan di aplikasi lainnya.

Untuk membukanya, kamu tinggal pilih file manager kemudian klik pada bagian “perlihatkan folder tersembunyi”.

2. Membuat File No Media

Cara kedua yakni dengan membuat file bertuliskan “.nomedia”. File ini tidak memiliki ekstensi atau isi. Hanya simpan saja di dalam folder yang ingin disembunyikan. Maka file-file yang ada bersama dengan file “.nomedia” itu pun akan lenyap, alias tersembunyi.

Jangan lupa ceklis pada bagian “perlihatkan file tersembunyi” di file manager untuk membukanya. Jika tidak, maka kamu tak akan bisa menemukan file-file itu.

3. Jangan asal klik tautan

Selain lewat internet, oknum pencuri data pribadi juga bisa menggunakan modus SMS dengan menawarkan sejumlah informasi menguntungkan, seperti tawaran pinjaman online dengan mudah.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda tinggal mengklik tautan yang tercantum di SMS yang berasal dari nomor yang biasanya random.

KompasTekno menyarankan jangan sekali-kali meng-klik tautan tersebut. Sebab, kita tidak tahu apa isi tautan itu dan SMS ini juga belum diketahui sumbernya dari mana.

Anda juga bisa googling nomor telepon pengirim SMS itu di internet jika ingin mencari tahu apakah nomor telepon tersebut merupakan modus penipuan atau bukan.

4. Calculator – Photo Vault & Video Vault hide photos

Tap here to load image
Calculator – Photo vault & video vault photos (Google Play Store)

Tampilannya memang seperti aplikasi calculator, tetapi ini dapat digunakan untuk menyembunyikan foto dan video.

Tentu saja orang lain tak akan menyangka jika di dalam aplikasi ini terdapat galeri foto.
Aplikasi ini seolah kamuflase dari aplikasi calculator umumnya.

5. Pakai VPN atau perambah private

Oknum tak bertanggung jawab biasanya menggunakan lokasi target untuk menjalankan niat buruknya.

Terlebih, jika memanfaatkan koneksi umum, seperti Wi-Fi, oknum tersebut justru lebih mudah untuk menyusupi celah keamanan perangkat pengguna lantaran data yang tersebar di Wi-Fi biasanya tidak aman. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PSSI Terbitkan SK , Soal Gaji Pemain Liga 1 dan Liga 2 Tak Ada Perubahan

Rab Nov 18 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – PSSI selaku otoritas sepak bola nasional kembali menerbitkan surat keputusan (SK) pada 16 November 2020. Salah satu isinya adalah penjelasan soal kebijakan gaji para pemain di Liga 1 dan Liga 2. SK nomor SKEP/69/XI/2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebenarnya hampir mirip dengan SKEP/53/VI/2020. Inti […]