Update Corona 10 Agustus: 127.083 Positif, 82.236 Sembuh

Ilustrasi pasien corona./cnn indonesia/andry novelino.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 1.687 kasus pada hari ini, Senin(10/8). Dengan demikian, total ada 127.083 orang di Indonesia yang positif terjangkit Covid-19.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 82.236 orang di antaranya telah sembuh dan 5.765 orang meninggal dunia. Data tersebut dilansir CNN Indonesia dari situs https://covid19.go.id/peta-sebaran pada Senin (10/8).

Pasien yang sembuh bertambah 1.284 orang dari hari sebelumnya. Sementara pasien yang meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19 bertambah sebanyak 42 orang.

Penularan virus corona masih terjadi di berbagai lapisan masyarakat. Pemerintah pun terus menyampaikan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat beraktivitas di area publik.

Sejauh ini, pemerintah belum mencabut pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sejumlah daerah menerapkan itu guna menekan laju penularan virus corona.

Presiden Jokowi juga telah menerbitkan Inpres No. 6 tahun 2020. Dalam peraturan tersebut, diatur sanksi terhadap mereka yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Demi kepatuhan, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah untuk melibatkan TNI dan Polri dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan Inpres No. 6 tahun 2020 sengaja mengatur soal sanksi. Menurutnya, hal itu perlu agar masyarakat jera jika sudah melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

“Agar masyarakat ada efek jera untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata Tito lewat siaran pers saat kunjungan kerja ke Rejanglebong, Bengkulu, Kamis (6/8). @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati dan Wabup Garut Jalani Test Swab

Sen Agu 10 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Dalam beberapa hari terakhir, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali meningkat. Jumlah warga yang terkonfirmasi positif pun terus bertambah dan kini sudah mencapai angka 51. Berbagai upaya pun terus dilakukan Pemkab Garut guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, termasuk di kalangan dinas/intansi. Salah satunya dengan […]